Tugas Denny Trias Weblog

Kerjakan dengan sungguh-sungguh, bagikan ilmu dengan ikhlas, nanti Allah akan menambahkan keberkahan

VERY FAUZI E3110767

LAPORAN PENERAPAN TEKNOLOGI AI PADA BEBERAPA BIDANG

clip_image002

Di Susun Oleh :

VERY FAUZI

E3110767

Manajemen informatika 2010

POLITEKNIK NEGERI JEMBER

2012

KECERDASAN BUATAN DALAM BEBERAPA BIDANG

Kecerdasan Buatan Dalam Didang Ekonomi

Sistem Pakar Pengambilan Keputusan untuk investor.

Sistem pakar bidang Ekonomi di gunakan pengguna untuk menentukan suatu keputusan yang berkaitan dengan investasi , saham atau yang lain. Orang awam yang belum mengerti masalah ekonomi cenderung melakukan prediksi atau intuisi , sehinggan terkadang pemilihan keputusan yang mereka ambil kurang tepat

Dengan kita menanam kan kecerdasan buatan di dalam system pakar ini , maka tingkat keakurasian jawaban itu akan semakin baik Sebagaimana ciri-ciri umum sistem pakar, maka di PMS terdapat knowledge base sebagai landasan pijak dalam pengambilan keputusan. Knowledge base ini mengandung dua elemen dasar, yaitu fakta dan aturan. Karena kondisi bursa sebagai tempat studi kasus selalu berkembang berfluktuasi, maka perancangan PMS ini harus memperhatikan keluwesan sistem terhadap perubahan baik kondisi bursa maupun lingkungan yang mempengaruhi bursa.

Sistem harus dapat mengikuti kejadian yang berkembang di bursa saham dengan melakukan update untuk memantau perubahan nilai (value) efek atau atribut.

Menurut Saya

Sistem Pakar dalam bidang ekonomi ini memang sangat di butuh kan. dengan adanya system kecerdasan buatan, maka hasil yang didapatkan dari aplikasi ini bisa akurat .

Ada beberapa kekurangan dalam system ini , terkadang hasil jawaban bersifat statis , jadi misalkan pasar saham berubah setiap saat harganya ,aplikasi ini masih mengandalkan user sebagai pelau untuk mendefinisikan harga dalam pasar saham tersebut

Dikutip dari

nurtikasarji.multiply.com

Kecerdasan Buatan Bidang Pertahanan Dan Keamanan

Aplikasi Sistem Keamanan data militer dengan system enkripsi paket

Sistem keamanan dan pertahanan suatu Negara sangatlah penting dalam sebuah negara . Untuk itu diperlukan suatu system enkripsi yang canggih agar data militer suatu Negara dapat disimpan dengan aman.
Dalam system enkripsi ini di tanamkan metode kecerdasan buatan yang digunakan sebagai “otak” dalam melakukan enkripsi data. AI nya pun dibuat dengan cara yang tidak mudah , sehingga dapat meningkat kan keamanan dari data tersebut

Menurut Saya

Dengan adanya AI dalam bidang pertahanan dan keamanan ini maka suatu Negara tidak akan takut apabila data militer Negara itu akan di ketahui oleh musuhnya, karena dengan adanya system enkripsi maka suatu Negara bisa mengunci data militernya tersebut

Kecerdasan Buatan Bidang Pendidikan

Natural Language Recognition

Studi mengenai AI mencoba supaya komputer dapat mengerti bahasa alamiah yang diketikkan lewat keyboard. Bahasa alamiah (natural language) adalah bahasa sehari-hari yang dipergunakan oleh orang untuk berkomunikasi. Komputer yang dapat menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lainnya merupakan contoh penerapan AI di bidang ini. Biasanya komputer yang khusus untuk AI dan dapat digunakan pada bidang ini diantaranya adalah IPL (Information Processing language), LISP, INTERLISP, SAIL, PLANNER, KRL dan PROLOG. Bidang AI ini masih sangat sulit dan belum dapat sempurna penerapannya.

Menurut Saya

Menurut saya , Teknologi seperti ini sangat lah penting karena teknologi seperti ini bisa membantu seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain yang memiliki perbedaan bahasa, ini juga bisa di masukkan dalam pembelajaran para siswa untuk belajar bahasa asing agar lebih mudah dimengerti

Dikutip dari buku “Pengenalan Komputer” karangan Jogiyanto Hartono, MBA, Ph.D.

Kecerdasan Buatan Bidang Pertanian

Sistem Pakar Pemupukan

Sistem pakar pemupukan PKDSS merupakan suatu aplikasi komputer yang dapat membantu atau menggantikan pakar dalam memecahkan masalah kesuburan tanah, terutama dalam menentukan takaran pupuk.

Dengan PKDSS, perhitungan pupuk yang selama ini dilakukan oleh ahlinya dapat dilakukan oleh semua orang. Pengguna hanya tinggal mengikuti petunjuk dan menekan tombol-tombol perintah, dan PKDSS pun dengan cepat akan memrosesnya.

Sistem pakar ini mirip dengan kalkulator , dimana petani bias dengan cepat menentukan perbandingan dari bahan pupuk sehingga pupuk menjadi bagus dan hasil tani meningkat.

Dikutip dari warta litbang Pertanian

Menurut Saya

System seperti ini sangat lah cocok dengan kondisi keadaan di Indonesia karena dengan system ini maka hasil yang di dapatkan akan lebih maksimal karena adanya pemupukan yang baik sesuai dengan takaran pemupukan.

Kecerdsan Buatan Teknik dan Rekayasa

Artificial Intelligence dalam Game

Salah satu unsur yang berperan penting dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan, elemen-elemen dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya manusia.

Game AI adalah aplikasi untuk memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut bermain (NPC = Non Playable Character). Peranan kecerdasan buatan dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk berinteraksi dengan sesama manusia. Contoh media interaksi ialah:

  • Penglihatan (vision)
  • Suara (voice), ucapan (speech)
  • Gerakan anggota badan ( gesture)

Menurut Saya

Dalam era seperti saat ini game sangat dibutuhkan untuk menghilangkan kepenatan, maka dari itu game harus dibuat semenarik dan bermanfaat agar otak kita bisa berfikir untuk menelesaian game tersebut. Game ini selain bisa menghilangkan stress juga dapat melatih kecerdasan otak kita. Dengan adanya rekayassa dalam game maka sebuah game bisa terlihat seperti nyata.

http://setiyanugroho.wordpress.com/2011/04/12/kecerdasan-buatan-dalam-game/

About these ads

Single Post Navigation

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: