TriSuciWulandari(E3110744)MIF_Gol_D
Kecerdasan buatan
Aplikasi di Bidang Pendidikan
Sebran for Primary School
Disusun oleh:
Tri Suci Wulandari
(E3110744) Mif D
POLITEKNIK NEGERI JEMBER
2012
Kecerdasan Buatan
Atau dengan nama lain Artificial Intelligence a (AI) didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Dalam kesempatan kali ini saya ingin menjelaskan secara singkat mengenai permainan untuk menunjang pendidikan yaitu sabran. Sabran ini mempermudah anak untuk belajar dengan bermain agar mudah mengerti angka, alfaber, warna dan gambar. Permainan ini juga bermanfaat untuk perkembangan bahasa dan matematika pada anak usia dini menjadikan anank yang berfikir kreatif, kristis, dan cerdas.
download terlebih dahulu aplikasi sebran
http://www.4shared.com/file/ZIkFqMes/sebran.html?
Cara menggunakan Aplikasi ini sebagai berikut :
1. Berhitung à menghitung berapa banyak gambar setelah itu mengklik angka yang tertera seperti berikut
2. Penjumlahan à menjumlakan angka yang tertera di layar kemudian menklik angka yang cocok jika benar maka akan ke pertanyaan berikutnya.
3. Pengurangan à mengurangi angka satu dengan angka kedua kemudian mencocokan jawaban yang benar seperti sebelumnya jika benar maka akan langsung ke pertanyaan selanjutnya. Jika salah mencari jawaban hingga benar.
4. Perkalian à nilai satu di kalikan nilai dua kemudian mencari hasil dari perkalian tersebut.
5. Pick a picture (memilih gambar) à membaca tuliasan yang tertera di layar kemudian memilih gambar mana yang benar dengan tulisan tersebut.
6. Menulis huruf depan dari sebuah kata dengan menebak gambar yang cocok kemudian mengklik huruf yang cocok
7. Melatih memory dalam otak dengan melihat dan mencocokan gambar, membuka satu persatu gambar kemudian mencari dan mengingat gambar yang telah dibuka tadi terletak dimana setelah itu di cocokan.
8. Melatih memori dengan Mencocokan kata dengan gambar, seperti sebelumnya hanya ini membaca lalu mencari gambar.
9. Menebak sebuah kalimat dengan mengklik huruf satu persatu hingga membentuk sebuah kalimat, jika salah mengklik huruf yang tidak ada dalam kalimat maka petunjuk akan kluar.
10. Hujan Kata à Mencocokan huruf yang turun seperti hujan kemudian diketik pada keybord huruf yang cocok. Jika huruf benar maka huruf akan berhenti
11. Hujan Kalimat à Mengetikan huruf yang jatuh hingga membentuk sebuah kata atau kalimat
12. Hujan penjumlahan à menekan tombol yang hasilnya cocok dengan angka yang turun
Referensi