Tugas Denny Trias Weblog

Kerjakan dengan sungguh-sungguh, bagikan ilmu dengan ikhlas, nanti Allah akan menambahkan keberkahan

Wulan Yuli Purnamasari E3110791

Nama : Wulan Yuli Purnamasari

Nim : E3110791

Gol : D

Tugas : Aplikasi Kecerdasan Buatan

1. Aplikasi Kecerdasan Buatan Bidang Pertahanan dan Keamanan

Menurut Mabruryhasan.blogspot.com Dalam bidang pertahan dan keamanan AI dapat digunakan untuk melakukan pendeteksian terhadap ancaman yang datang dapat berupa serangan udara, darat maupun laut.dengan bantuan AI memungkinkan manusia untuk mendapatkan pemetaan dari serangan-serangan yang masuk, mencari tahu siapa yang melakukan serangan, membuat peta kekuatan serangan, dan menganalisis bagaimana mengatasi serangan-serangan tersebut.

Contoh lebih spesifik penggunaan AI dalam bidang pertahanan dan keamanan adalah AI dapat digunakan untuk mendeteksi serangan peluru kendali, menganalisis jenis peluru kendali, berasal dari manakah peluru kendali tersebut, seberapa besar daya ledak peluru kendali tersebut dan menganalisis bagaimana cara mengatasi peluru kendali tersebut

clip_image002

clip_image004

2. Aplikasi Statistika Dalam Ilmu Psikologi Bidang Ekonomi Dan Bisnis

Definisi Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Secara singkat, definisi statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. 

Statistika banyak diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu, seperti :

1. Ilmu-ilmu alam (seperti astronomi dan biologi).

2. Ilmu-ilmu sosial (seperti sosiologi dan psikologi).

3. Bidang bisnis, ekonomi, dan industri.

Dalam bidang pemerintahan, Statistika juga digunakan untuk berbagai macam tujuan, seperti sensus penduduk. Aplikasi statistika lainnya yang sekarang populer adalah prosedur jajak pendapat atau polling (misalnya dilakukan sebelum pemilihan umum), serta jajak cepat (perhitungan cepat hasil pemilu) atau quick count. Di bidang komputasi, statistika dapat pula diterapkan dalam pengenalan pola maupun kecerdasan buatan.

Penggunaan statistika pada masa sekarang dapat dikatakan telah menyentuh semua bidang ilmu pengetahuan, mulai dari astronomi hingga linguistika. Bidang-bidang ekonomi, biologi dan cabang-cabang terapannya, serta psikologi banyak dipengaruhi oleh statistika dalam metodologinya. Akibatnya lahirlah ilmu-ilmu gabungan seperti ekonometrika, biometrika (biostatistika), dan psikometrika, dll. Menurut Sumber vinifebrina.blogspot.com

clip_image006

clip_image008

3. Kecerdasan Buatan Bidang Pendidikan Yaitu Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Buatan

Ketika biaya pendidikan terus membengkak dan para pengajar mulai menerapkan teknologi sederhana dari 6502-based microcomputers ke dalam conventional curriculum. Ariificial Intellifence (AI) sebagai suatu bagian teknologi yang sedang dikembangkan terus diteliti karena kebutuannya terhadap mesin yang sangat baik dan mahal namun dampak positif baik saat ini maupun saat mendatang.

AI yang merupakan dasar pengembangan dari mesin-mesin yang dapat membantu manusia dalam memecahkan beberapa masalah (artificial) yang mengekslorasi sisi kognitif manusia, sistem memori dan karakter dalam menyelesaikan masalah (intelligent) telah melahirkan suatu penemuan yang berimplikasi terhadap proses pendidikan. AI yang didasari program-program instruksi dikenal dengan intelligent tutor atau intelligent coaches, terus dikembangkan dibeberapa bagian kurikulum sekolah terutama pelajaran matematika.

clip_image010

clip_image012

4. Kecerdasan Buatan Bidang Agronomi dan Pertanian

SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN PADI BERBASIS WEB DENGAN FORWARD DAN BACKWARD CHAINING

Tanaman padi dapat diserang berbagai macam penyakit, penyakit tersebut dapat diketahui dari gejala-gejala yang ditimbulkannya, akan tetapi untuk mengetahui secara tepat jenis penyakit yang menyerang padi tersebut, memerlukan seorang pakar/ahli pertanian. Pada penelitian dirancang sistem pakar berbasis web menggunakan basis aturan (rule based reasoning) dengan metode inferensi forward chaining dan backward chaining yang dimasukkan untuk membantu petani dalam mendiaknosa penyakit tanaman padi.

Sistem pakar adalah sistem yang menggunakan pengetahuan manusia yang terekam dalam komputer untuk memecahkan persoalan yang biasanya memerlukan keahlian manusia. Sistem pakar yang baik dirancang agar dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja dari para ahli. Sistem pakar dapat ditampilkan dalam dua lingkungan , yaitu : pengembangan dan konsultasi. Lingkungan pengembangan digunakan oleh pembangun sistem pakar untuk membangun komponen dan memasukkan pengetahuan ke dalam basis pengetahuan.

Diagram Air Data (DAD) merupakan suatu model logika data atau proses yang dibuat untuk menggambarkan dari mana asal data, ke mana tujuan data yang keluar dari sistem, dimana data disimpan, proses apa yang menghasilkan data tersebut.

Menurut sumber yang saya ambil dari anton_s_h@yahoo.com

clip_image014

clip_image016

5.Kecerdasan Buatan Bidang Teknik Dan Rekayasa

Rekayasa Pengetahuan Pakar Berbasis Aturan Untuk Identifikasi Kerusakan Hardware

Penelitian ini bertujuan pengalihan kehlian dari seorang pakar ke komputer dan kemudian dipindahkan lagi ke orang lain (non expert). Proses rekayasa pengetahuan pakar berbasis aturan untuk identifikasi kerusakan hardware PC terdiri dari merancang, membangun, pengkodean dan pengujian sistem.sistem ini dibuat dengan menggunakan pemrograman Visual Basic 6.0. Basis pengetahuan dan aturan dimasukkan dan disimpan dalam suatu database. Untuk mengontrol mesin inferensi (inference engine) digunakan metode forward chaining dengan teknik breadth first search. Metode ini adalah pendekatan yang dimotori oleh data (data driven). Proses pengujian dilakukan dengan sistem mengajukan beberapa pertanyaan kepada Pemakai atau user. Setiap aturan dan kerusakan akan di uji pada masing-masing simpul dan level, kemudian sistem akan mencari kesimpulan pada knowledge base jenis-jenis kerusakan yang telah dijawab.

Dari hasil pengujian ini menunjukkan bahwa sistem dapat bekerja dengan baik dan mampu memberikan pemecahan permasalahan atas macam, jenis ciri-ciri dan saran layaknya seorang pakar (expert) dibidangnya dalam memberikan nasehat seputar permasalahan hardware PC.

clip_image018

clip_image020

clip_image022

Iklan

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: