Tugas Denny Trias Weblog

Kerjakan dengan sungguh-sungguh, bagikan ilmu dengan ikhlas, nanti Allah akan menambahkan keberkahan

Nama :Erwin Kurniawan NIM :E3110258 Prodi :MIF Gol:B

Tugas Kecerdasan Buatan
KECERDASAN BUATAN DI BIDANG
TEKNIK DAN REKAYASA

Konsep AI pada Teknik Rekayasa ini terletak pada inti/pola merekayasa suatu aplikasi itu sendiri. Dimana suatu pemahamam/pola kerja suau program akan dibuat. Dan membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal requirement capturing (analisa kebutuhan pengguna), specification (menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna), desain, coding, testing sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.
Salah satu contoh penggunaan AI di bidang teknik dan rekayasa adalah Pilot otomatis.Pilot otomatis (dari bahasa Inggris: autopilot) adalah sistem mekanikal, elektrikal, atau hidraulik yang memandu sebuah kendaraan tanpa campur tangan dari manusia. Umumnya pilot otomatis dihubungkan dengan pesawat, tetapi pilot otomatis juga digunakan di kapal dengan istilah yang sama.
Autopilot atau pilot otomatis adalah perangkat untuk mengontrol atau memandu pesawat terbang, pesawat ruang angkasa, kapal, misil (peluru kendali), atau kendaraan lain tanpa harus terus-menerus membutuhkan campur tangan manusia. Kebanyakan orang mengasosiasikan pilot otomatis sebagai pemandu otomatis untuk pesawat terbang, pada hal ada beberapa jenis kendaraan lain yang juga sudah dilengkapi dengan system kemudi pilot otomatis. Misalnya kapal dengan pelayaran jarak jauh atau pesawat ruang angkasa yang tentu saja akan mengarungi jarak yang sangat jauh.
Pilot otomatis menghubungkan indikator ketinggian menggunakan giroskop dan kompas magnetik ke rudder, elevator dan aileron. Sistem pilot otomatis tersebut dapat menerbangkan pesawat secara lurus dan rata menurut arah kompas tanpa campur tangan pilot, sehingga mencakup 80% dari keseluruhan beban kerja pilot dalam penerbangan secara umum. Sistem pilot otomatis lurus-dan-rata ini masih umum sekarang ini, lebih murah dan merupakan jenis pilot otomatis yang paling dipercaya. Sistem tersebut juga memiliki tingkat kesalahan terkecil karena kontrolnya yang tidak rumit.

Sumber: -http://id.wikipedia.org/wiki/Pilot_otomatis
http://www.bunyu-online.com/2009/10/autopilot-pilot-otomatis-pada-pesawat.html

KECERDASAN BUATAN DI BIDANG
PERTANIAN

Pertanian mempunyai arti yang sangat penting bagi kehidupan manusia,karena dari hasil pertanianlah kita mendapat makanan dimana makanan adalah kebutuhan pokok manusia selain udara dan air.
Pertanian saat ini telah semakin berkembang berkat adanya komputer yang membantu para petani ,.Hal yang sering terjadi, banyak kerugian yang diakibatkan karena adanya penyakit
tanaman yang terlambat untuk didiagnosis dan sudah mencapai tahap yang parah dan
menyebabkan terjadinya gagal panen.Salah satu contoh aplikasi untuk membantu petani adalah Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Tanaman Padi.
Aplikasi ini dapat membantu para petani untuk membantu petani mendiagnosa jenis penyakit dan memberikan pengetahuan tentang jenis penyakit tersebut. sehingga sistem dapat dijadikan asisten pandai di bidangnya sebagai sumber pengetahuan oleh petani dan kemungkinan gagal panen dapat ditanggulangi dan dapat diminimalisir.

Sumber: http://telkomnika.ee.uad.ac.id/n9/files/Vol.7No.3Des09/7.3.12.09.07.pdf

KECERDASAN BUATAN DI BIDANG
PERTAHANAN DAN KEAMANAN

Menurut Rich and Kinight Kecerdasan buatan (AI) adalah Sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.
Kecerdasan buatan (AI) dapat ditemukan dalam berbagai bidang contohnya di bidang pertahanan dan keamanan yang biasanya digunakan oleh pihak militer untuk menjaga keamanan negaranya. Salah satu contoh penggunaan AI dibidang Pertahanan dan Keamanan adalah aplikasi sistem keamanan data dengan enkripsi.
Enkripsi adalah suatu metode yang digunakan untuk mengkodekan data sedemikian rupa sehingga keamanan informasinya terjaga dan tidak dapat dibaca tanpa di dekripsi (kebalikan dari proses enkripsi) dahulu. Encryption berasal dari bahasa yunani kryptos yang artinya tersembunyi atau rahasia. Enkripsi memungkinkan untuk mengamankan data yang bersifat rahasia agar tidak mudah diakses orang yang tidak berkepentingan untuk kepentingan yang sifatnya merugikan
Peranan AI pada aplikasi tersebut adalah untuk mengenkripsi data-data penting dengan suatu kode tertetu dan hanya memberikan hak akses hanya kepada mereka yang mengetahui sandi atau kode dari data tersebut. Tetapi tidak mustahil juga bagi para hacker untuk menerobos system keamanan tersebut

Sumber: – http://doni6392pradana.blog.upi.edu/2010/11/14/perkembangan-teknologi/
http://ilmuti.com/2011/06/27/enkripsi-data/

KECERDASAN BUATAN DI BIDANG
PENDIDIKAN

Kecerdasan buatan (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau AI) didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan.dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.
Dalam dunia pendidikan kecerdasan buatan (AI) banyak digunakan pada game-game edukasi yang dinilai dapat mengasah otak para pemainnya dan game edukasi lebih interaktif.Peranan AI dalam game edukasi ini adalah sebagai lawan dari para pemain itu sendiri. Salah satu contohnya adalah game MathNinja.
Game ini adalah game untuk mengasah kemampuan kita di bidang matematika dimana kita dituntut untuk menyelesaikan persoalan matematika . AI akan memberikan soal matematika pada kita dituntut untuk menyelesaikanannya untuk meningkatkan poin kita dan mendapat ranking sesuai dengan kemampuan kita
Sumber: -http://setiyanugroho.wordpress.com/2011/04/12/kecerdasan-buatan-dalam-game/
http://www.gamegratis33.com/index.php/subcategory/Game_Edukasi/Game_Edukasi/?page=2

KECERDASAN BUATAN PADA BIDANG
EKONOMI DAN BISNIS

Kemajuan Teknologi Informasi mempengaruhi segala aspek Kehidupan salah satunya yang menonjol adalah penggunaan Teknologi Informasi dalam Bidang Ekonomi. kemajuan ini memberikan dampak positif dalam bidang perekonomian,salah satunya adalah Perdagangan elektronik atau e-dagang (Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/E-commerce

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: