Tugas Denny Trias Weblog

Kerjakan dengan sungguh-sungguh, bagikan ilmu dengan ikhlas, nanti Allah akan menambahkan keberkahan

MIF A_SMT4_Daniel Muqorobbin_E3110163

Nama : Daniel Muqorobbin
NIM : E3110163
Gol A

  1. Jelaskan secara singkat apa yang dimaksud dengan jaringan komputer.

Jaringan computer merupakan sekumpulan computer dan perangkat yang saling berhubungan satu sama lain untuk melakukan komunikasi data dengan menggunakan protokol komunikasi data melalui media komunikasi (kabel atau nirkabel), sehingga komputer-komputer tersebut dapat saling berbagi informasi, data, program-program, dan penggunaan perangkat keras secara bersama.

.

  1. Bagaimana konsep database terdistribusi

Konsep Database terdistribusi dapat diartikan sebagai distribusi data yang memungkinkan unit lain dapat mengakses data dari suatu unit tertentu dalam suatu jaringan computer.

C. Apa pengertian dari :

1. Distributed Database

Distributed database : sebuah database yang diatur oleh sebuah Database Management System (DBMS) yang tersimpan secara fisik pada beberapa komputer yang terdapat pada beberapa lokasi dengan terkoneksi pada sebuah jaringan. Dimana tujuan utama database system adalah untuk mengintegrasikan data dan sentralisasi, sehingga akses (deskripsi, manipulasi dan control) terhadap sangat terkontrol.

2. Database Management System Terdistribusi

Database Management System (DBMS) adalah suatu koleksi (kumpulan) data yang saling berelasi dan satu set program untuk mengakses database (membaca data, mengisi data, menghapus data, melaporkan data).

D. Berikan contoh penerapan database terdistribusi di lingkungan sekitar anda

Seperti yang saya ketahui, penerapan database terdistribusi di perusahaan biasanya membutuhkan suatu sistem database yang reliable, dan mempunyai tingkat data availability yang tinggi.. itulah mengapa Sistem ini mendistribusikan keseluruhan atau hanya sebagian data saja ke tiap-tiap site di suatu organisasi atau perusahaan, sesuai dengan kebutuhan data di tiap-tiap site tersebut. Sehingga pemrosesan data tidak lagi bergantung pada beroperasi atau tidaknya satu server database.

Jelaskan keuntungan dan kerugian dalam menggunakan DBMS.

E. Keuntungan Dan Kerugian Penggunaan DBMS

Pengunaan DMBS untuk mengelola data mempunyai beberapa keuntungan dan kerugian, yaitu :

Keuntungan DBMS

  • Mengurangi pengulangan data

Apabila dibandingkan dengan file-file komputer yang disimpan terpisah di setiap aplikasi komputer, DBMS mengurangn jumlah total file dengan menghapus data yang terduplikasi di berbagai file. Data terduplikasi selebihnya dapat ditempatkan dalam satu file.

  • Mencapai independensi data

Spesifikasi data disimpan dalam skema pada tiap program aplikasi. Perubahan dapat dibuat pada struktur data tanpa memengaruhi program yang mengakses data.

  • Mengintegrasikan data beberapa file

Saat file dibentuk sehingga menyediakan kaftan logis, maka organisasi fisik bukan merupakan kendala. Organisasi logis, pandangan pengguna, dan program aplikasi tidak hares tercermin pada media penyimpanan fisik.

  • Mengambil data dan informasi dengan cepat

Hubungan-hubungan logis, bahasa manipulasi data, serta bahasa query memungkinkan pengguna mengambil data dalam hitungan detik atau menit.

  • Meningkatkan keamanan

DBMS mainframe maupun komputer mikro dapat menyertakan beberapa lapis keamanan seperti kata sand (password), direktori pemakai, dan bahasa sand (encryption) sehingga data yang dikelola akan lebih aman.

Kerugian DBMS

  • Memperoleh perangkat lunak yang mahal

DBMS mainframe masih sangat mahal. Walaupun harga DBMS berbasis komputer mikro lebih murah, tetapi tetap merupakan pengeluaran besar bagi suatu organisasi kecil.

  • Memperoleh konfigurasi perangkat keras yang besar

DBMS sering memerlukan kapasitas penyimpanan clan memori lebih besar daripada program aplikasi lain.

  • Mempekerjakan dan mempertahankan staf DBA

DBMS memerlukan pengetahuan khusus agar dapat memanfaatkan kemampuannya secara penuh. Pengetahuan khusus ini disediakan paling baik oleh para pengelola basisdata (DBA).Baik basis data terkomputerisasi maupun DBMS bukanlah prasyarat untukmemecahkan masalah. Namun, keduanya memberikan dasar-dasar menggunakan komputer sebagai suatu sistem informasi bagi para spesialis informasi dan pengguna.

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: