Tugas Denny Trias Weblog

Kerjakan dengan sungguh-sungguh, bagikan ilmu dengan ikhlas, nanti Allah akan menambahkan keberkahan

MIF A_SMT4_Deny Yanuar Rizal_E3110180

TUGAS SBDT

clip_image002

POLITEKNIK NEGERI JEMBER

PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA

2012

Disusun oleh :

Deny Yanuar Rizal

(E3110180)

       
  clip_image005   clip_image006

Jelaskan secara singkat apa yang dimaksud dengan jaringan komputer.

Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web).[1] Tujuan dari jaringan komputer adalah[1] Agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).[1] Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server).[1] Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.[1]

Bagaimana konsep database terdistribusi

Konsep database terdistitribusi keterhubungan dari kumpulan-kumpulan data yang digunakan bersama-sama, dan didistribusikan melalui suatu jaringan komputer. Konsepnya juga dapat diartikan suatu koleksi data komputer yang terintegrasi, diorganisasikan dan disimpan dengan suatu cara yang memudahkan pengambilan kembali. Integrasi lagis dari record-record dalam banyak file ini disebut konsep database yang bertujuan untuk meminimumkan pengulangan data (duplikasi data artinya data yang sama disimpan dalam beberapa file) dan mencapai independensi data (kemampuan untuk membuat perubahan dalam struktur data tanpa membuat perubahan pada program yang memproses data).

Pengertian

Distributed Database :

kumpulan data logic yang saling berhubungan secara fisik terdistribusi dalam jaringan komputer, yang tidak tergantung dari program aplikasi sekarang maupun masa yang akan datang.

File merupakan kumpulan data yang dirancang untuk suatu aplikasi atau sekumpulan aplikasi yang dekat hubungannya.

b. Database Management System Terdistribusi

DBMS (Database Management System) Terdistribusi adalah sebuah perangkat lunak yang membuat pendistribusian data dan memberikan mekanisme akses data yang akan membuat basis data ini transparan kepada user yang menggunakan.

Berikan contoh penerapan database terdistribusi di lingkungan sekitar anda

Menurut saya penerapan data base terdistribusi lingkungan seperti di perusahaan perusahaan biasanya. Dalam perusahaan tersebut terdapat server dan clien sebagai pengaksesnya. Dimana server dan client tersebut saling berhubungan dalam pengolahan data maupun transaksi data. Dimana sang clien melakukan permintaan dan server memproses permintaan client.

Jelaskan keuntungan dan kerugian dalam menggunakan DBMS.

Keuntungan Dan Kerugian Penggunaan DBMS

Pengunaan DMBS untuk mengelola data mempunyai beberapa keuntungan, yaitu :

a. Pengelolaan secara transparan data yang terdistribusi

b. Mengacu pada struktur organisasi

c. Meningkatkan untuk berbagi dan otonomi lokal

d. Meningkatkan ketersediaan data

e. Meningkatkan kehandalan

f. Meningkatkan performasi kerja

g. Memudahkan pengembangan sistem

Kerugian pengunaan DBMS antara lain :

  1. Memperoleh perangkat lunak yang mahal (teknologi DBMS, Operation, Conversion, Planning, Risk). DBMS mainframe masih sangat mahal. DBMS berbasis mikro biayanya mencapai beberapa ratus dolar, dapat menggambarkan suatu organisasi yang kecil secara berarti
  2. Memperoleh konfigurasi perangkat keras yang besar. DBMS sering memerlukan kapasitas penyimpanan primer dan sekunder yang lebih besar daripada yang diperlukan oleh program aplikasi lain. Juga, kemudahan yang dibuat oleh DBMS dalam mengambil informasi mendorong lebih banyak terminal pemakai yang disertakan dalam konfigurasi daripada jika sebaliknya.
  3. Mempekerjakan dan mempertahankan staf DBA DBMS memerlukan pengetahuan khusus agar dapat memanfaatkan kemampuan secara penuh. Pengetahuan khusus ini paling baik diberikan oleh pengelola database.
  4. Kompleksitas manajemen
  5. Kontrol integritas lebih sulit

f. Biaya pengembangan

  1. Keamanan

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: