Tugas Denny Trias Weblog

Kerjakan dengan sungguh-sungguh, bagikan ilmu dengan ikhlas, nanti Allah akan menambahkan keberkahan

MIF A_SMT4_DHANU HARDYANTO_E3110198

TUGAS SBDT

DHANU HARDYANTO (E3110198)

MANAJEMEN INFORMATIKA/ IV

Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer dan perangkat yang saling terhubung antara satu dengan lainnya. Dimana pada awalnya dibuat dengan tujuan menyelamatkan data (ARPANET). “http://nurcholis.student.umm.ac.id/2010/03/24/pengantar-database-terdistribusi/

Kesimpulan : Komputer dapat dikatakan berada dalam suatu jaringan computer jika saling terhubung dengan computer lainnya, misalnya dengan media LAN atau Wifi.

Konsep Database Terdistribusi

1. Data disimpan di sejumlah tempat

2. Prosessor pada tempat yang berbeda tersebut dihubungkan dengan jaringan computer

3. System basis data terdistribusi bukan terdiri dari sekumpulan file yang berada pada berbagai tempat tetapi pada sebuah basis data di berbagai tempat.

4. Setiap tempat secara mandiri memproses permintaan user yang membutuhkan akses ke data di tempat tersebut dan juga mampu untuk memproses data di yang tersimpan di tempat lain.

5. kumpulan data yang digunakan bersama yang saling berhubung secara logik tetapi tersebar secara fisik pada suatu jaringan komputer. atau

6. Database yang disimpan pada beberapa komputer didistribusi dalam sebuah sistem terdistribusi melalui media komunikasi seperti high speed buses atau telepone line.

“Bab-V-database-terdistribusi hal 8” & “http://nurcholis.student.umm.ac.id/2010/03/24/pengantar-database-terdistribusi/

Kesimpulan : Konsep pada database terdistribusi adalah data yang dibutuhkan berada pada berbagai tempat namun dapat di akses oleh tempat yang lain, juga setiap tempat dapat memproses data di tempat lain jika telah melakukan permintaan user untuk mengakses data yang diinginkan.

Pengertian

1. Distributed database

suatu database yang berada di bawah kendali suatu database management system (DBMS) dimana media penyimpanan tidak dihubungkan dengan suatu CPU secara umum. Dimungkinkan juga data disimpan pada berbagai computer yang ditempatkan pada suatu lokasi fisik yang sama, atau mungkin disimpan pada suatu jaringan computer yang saling berhubungan ”www.wikipedia.com”, atau dapat dikatakan pada distributed database file secara fisik terpisah tetapi secara logis terintegrasi. “Lutfi Rohman,S.Si, M.Si_www.unej.ac.id”.

2. Database Management System Terdistribusi

Merupakan satu set program yang berguna untuk mendefinisikan , mengatur , dan memproses database serta aplikasi-aplikasinya. “http://nurcholis.student.umm.ac.id/2010/03/24/pengantar-database-terdistribusi/

Kesimpulan : Untuk mengatur database yang terdistribusi diperlukan adanya database management system terdistribusi, agar dapat mengatur dan memproses data yang diinginkan beserta aplikasi-aplikasinya

Contoh Penerapan Database Terdistribusi, di Lingkungan Sekitar

– Misalnya sebuah bank yang memiliki banyak cabang, bahkan di sebuah kantor kota bisa terdiri dari beberapa cabang/kantor, masing-masing lokasi memiliki jaringan local sendiri, dan semua jaringan local itu dihubungkan satu sama lain membentuk sebuah jaringan nasional.

“Bab-V-database-terdistribusi hal 3”

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan DBMS

– Keuntungan menggunakan DBMS =

1. Pengelolaan secara transparan data yang terdistribusi

2. Mengacu pada struktur organisasi

3. Meningkatkan untuk berbagi dan otonomi local

4. Meningkatkan ketersediaan data

5. Meningkatkan kehandalan

6. Meningkatkan performasi kerja

7. Memudahkan pengembangan system

8.  Pengawasan distribusi dan pengambilan data

9. Jika beberpa site yang berbeda dihubungkan, seorang pemakai yang berada pada satu site dapat mengakses data pada site lain.

10. Contoh : sistem distribusi pada sebuah bank memungkinkan seorang pemakai pada salah satu cabang dapat mengakses data cabang lain.

11. Reliability dan availability

12. Sistem distribusi dapat terus menerus berfungsi dalam menghadapi kegagalan dari site sendiri atau mata rantai komunikasi antar site.

13. Kecepatan pemrosesan query

14. Contoh : jika site-site gagal dalam sebuah sistem terdistribusi, site lainnya dapat melanjutkan operasi jika data telah direplikasi pada beberapa site.

15. Otonomi lokal

16. Pendistribusian sistem mengijinkan sekelompok individu dalam sebuah perusahaan untuk melatih pengawasan lokal melalui data mereka sendiri. Dengan kemampuan ini dapat mengurangi ketergantungan pada pusat pemrosesan.

17. Efisiensi dan fleksibel

18. Data dalam sistem distribusi dapat disimpan dekat dengan titik diman data tersebut dipergunakan. Data dapat secara dinamik bergerak atau disain, atau salinannya dapat dihapus.

– Kerugian menggunakan DBMS

1. Kompleksitas manajemen

2. Control integritas lebih sulit

3. Biaya pengembangan

4. Keamanan

5. Sulitnya standarisasi

6. Menambah kebutuhan penyimpanan

7. Lebih sulit dalam mengatur lingkungan data

8. Harga software mahal

9. Hal ini disebabkan sangat sulit untuk membuat sistem database distribusi.

10. Kemungkinan kesalahan lebih besar

11. Site-site beroperasi secara paralel sehingga lebih sulit untuk menjamin kebenaran dan algoritma. Adanya kesalahan mungkin tak dapat diketahui.

12. Biaya pemrosesan tinggi

13. Perubahan pesan dan penambahan perhitungan dibutuhkan untuk mencapai koordinasi antar site.

http://nurcholis.student.umm.ac.id/2010/03/24/pengantar-database-terdistribusi/” & “Bab-V-database-terdistribusi hal 9-10”

Kesimpulan : secara keseluruhan kita nilai dari setiap program atau system yang ada pasti mempunyai kekurangan dan kelebihannya, tinggal bagaimana user tersebut mengaplikasikan atau menggunakannya dengan sebaik-baiknya untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dan untuk menutupi kekurangan dari system tersebut.

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: