Tugas Denny Trias Weblog

Kerjakan dengan sungguh-sungguh, bagikan ilmu dengan ikhlas, nanti Allah akan menambahkan keberkahan

A. Humaini / E3211796

Nama : A. Humaini

Nim : E3211796

Teknologi masa kini

Perkembangan teknologi yang semakin pesat belakangan ini sangat membantu manusia dalam melakukan aktifitas sehari-hari.Berbagai teknologi diciptakan dalam mempermudah kehidupan manusia.Manusia dapat melakukan berbagai kegiatan dalam waktu singkat tanpa memerlukan banyak tenaga.  Terlihat di sini bahwa mesin cerdas akan diragukan untuk dapat melayani keperluan khusus jika tidak mampu menangani permasalahan remeh/kecil yang biasa dikerjakan orang secara rutin.

Di awal abad 20, seorang penemu Spanyol, Torres y Quevedo, membuat sebuah mesin yang dapat men’skak-mat’ raja lawannya dengan sebuah ratu dan raja. Perkembangan secara sistematis kemudian dimulai segera setelah diketemukannya komputer digital. ( Balza Achmad.2006)

Di masa kini hampir semua pekerjaan  manusia di gantikan oleh sebuah mesin  yang dapat melakukan pekerjaan dengan sedikit kntrol dari manusia.

Hasil Teknologi masa kini

.Salah satu perkembangan itu adalah cara manusia berhitung.Cara menghitung manusia berkembang mulai dari menghitung dengan jari,dengan menggunakan sempoa,kalkulator dan yang kini mulai marak adalah dengan menggunakan komputer.

Program komputer konvensional prosesnya berbasis algoritma, yakni formula matematis atau prosedur sekuensial yang mengarah kepada suatu solusi Algoritma tersebut dikonversi ke program komputer yang memberitahu komputer secara pasti instruksi apa yang harus dikerjakan. Algoritma yang dipakai kemudian menggunakan data seperti angka, huruf, atau kata untuk menyelesaikan masalah.

Teknologi memberi kemampuan pengguna komputer untuk berkomunikasi dengan komputer dalam bahasa mereka sendiri (bahasa manusia). Sehingga komunikasi dapat dilakukan dengan cara percakapan alih-alih menggunakan perintah yang biasa digunakan dalam bahasa computer.Di bidang ini masih di bagi :

a.Bahasa alami/ komputer mengerti perintah yang diberikan dalam bahasa manusia biasa

b.Sintesa suara/ manusia dapat memahami komputer secara mudah. . ( Balza Achmad.2006)

Aplikasi  buatan

komputer dapat mengenali dan memahami bahasa ucapan(Speech/Voice Understanding), tujuan utamanya adalah mengenai kata yang diucapkan tanpa harus tahu artinya, di mana bagian itu merupakan tugas “pemahaman suara”. Secara umum prosesnya adalah usaha untuk menerjemahkan apa yang diucapkan seorang manusia menjadi kata-kata atau kalimat yang dapat dimengerti oleh computer:

Sistem Sensor dan Robotika

pengolahan sinyal, merupakan bagian dari robotika. Sebuah robot, yaitu perangkat elektromekanik yang diprogram untuk melakukan tugas manual, tidak semuanya merupakan bagian dari AI. Robot yang hanya melakukan aksi yang telah diprogramkan dikatakan sebagai robot bodoh yang tidak lebih pintar dari lift. Robot yang cerdas biasanya mempunyai perangkat sensor, seperti kamera, yang mengumpulkan informasi mengenai operasi dan lingkungannya. Kemudian bagian AI robot tersebut menerjemahkan informasi tadi dan merespon serta beradaptasi jika terjadi perubahan lingkungan.

Komputer Visi,

merupakan kombinasi dari pencitraan, pengolahan citra, pengenalan pola serta proses pengambilan keputusan. Tujuan utama dari komputer visi adalah untuk menerjemahkan suatu pemandangan. Komputer visi banyak dipakai dalam kendali kualitas produk industri. . ( Balza Achmad.2006)

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: