Tugas Denny Trias Weblog

Kerjakan dengan sungguh-sungguh, bagikan ilmu dengan ikhlas, nanti Allah akan menambahkan keberkahan

Ifa Datur Rohmah E32120874 TKK GOL B

1. Pertahanan dan Keamanan

Dunia militer internasional saat ini sudah banyak mengalami kemajuan dalam bidang pertahanan dan keamanan. Banyak sekali diciptakan alat-alat maupun senjata untuk mengamankan negaranya dari teroris maupun invasi dari negara lain. Contohnya adalah kekuatan militer Amerika, para prajurit sudah tidak lagi langsung menghadapi lawan secara langsung. Senjata juga tidak perlu membidik lawan menggunakan kejelian mata. Bahkan para tentara tidak perlu langsung terjun di medan perang. Mengapa demikian? Karena dengan menggunakan sistem senjata pintar semua kegiatan perang dapat dilakukan dengan kendali jarak jauh. Peluru kendali dapat menempuh jarak yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Pesawat mampu melihat musuh diluar jarak pandangan mata. Bahkan medan perang mungkin akan diisi mesin-mesin tanpa awak yang mampu menyebabkan kemusnahan massal. Tidak hanya itu. Mesin-mesin perang pun mengalami kemajuan menjadi monster-monster cerdas.

Peluru mencari sasarannya sendiri. Sistem –sistem pengintai memberitahukan letak musuh. Dan sistem pertahanan bereaksi secara otomatis terhadap serangan. Secara sekilas pertunjukkan teknologi senjata itu dapat kita lihat pada Perang Afghanistan beberapa waktu lalu. Di medan itu, sangat sedikit pasukan AS yang terlibat perang langsung “man-to-man” dengan pejuang Taliban bila dibanding dengan pendaratan Normandia pada Perang Dunia II misalnya. Hampir semua digantikan mesin. Namun apa yang dilihat di Afghanistan itu, sekali lagi, baru “cuplikan” dari kemampuan senjata canggih masa kini. Kesemuanya itu tidak lepas dari teknologi.

Penjelasan Rudal ber-GPS

GPS adalah suatu sistem navigasi yang memanfaatkan satelit. Penerima GPS memperoleh sinyal dari beberapa satelit yang mengorbit bumi. Satelit yang mengitari bumi pada orbit pendek ini terdiri dari 24 susunan satelit, dengan 21 satelit aktif dan 3 buah satelit sebagai cadangan.Dengan susunan orbit tertentu, maka satelit GPS bisa diterima di seluruh permukaan bumi dengan penampakan antara 4 sampai 8 buah satelit. GPS dapat memberikan informasi posisi dan waktu dengan ketelitian sangat tinggi . Dalam serangan terbaru Amerika Serikat dan Inggris ke Irak, ribuan peluru kendali pintar jenis Tomahawk ditembakkan ke Bagdad. Para jenderal aliansi mengatakan, semua peluru kendali mengenai sasaran. Rahasia senjata pintar itu terletak pada sistem pengendalinya. Serangannya dipandu menggunakan sistem satelit militer yang disebut Global Positioning Sytem-GPS. Dengan propaganda militernya, Amerika Serikat memperlihatkan citra satelit, yang menunjukan, bahwa semua sasaran yang dituju tidak pernah meleset.
Juga disebutkan kerugian di kalangan penduduk sipil dapat dibatasi sampai minimal. Kunci dari keberhasilan serangan itu tentu saja pemanfaatan Global Positioning System-GPS. Sebab menurut para pakar militer, persenjataan pintar mutakhir dikembangkan tidak hanya dengan memperkuat daya jelajahnya, melainkan juga dengan memperbaiki sistem kendalinya. Dengan demikian peranan GPS amatlah besar, untuk membimbing peluru kendali agar dengan akurat sampai ke sasaran tembak.Peluru kendali jenis terbaru AS dipasangi peralatan sensor GPS, sehingga arahnya bisa diubah di tengah jalan. Juga dengan memanfaatkan GPS, berbagai hambatan, seperti kabut, badai pasir, iklim buruk, tabir api serta faktor lain bisa diabaikan. Sebenarnya GPS adalah sistem navigasi militer Amerika Serikat yang dipandu satelit dari luar angkasa. Jaringan satelitnya mencakup seluruh permukaan Bumi. Prinsipnya adalah menentukan sebuah lokasi dengan ketepatan tinggi. Prinsip ini serupa dengan metode lama “triangulasi”, dimana posisi sebuah titik ditentukan dengan menarik tiga garis. Hanya saja kini garis itu ditarik dari luar angkasa menggunakan pencitraan satelit.

Bagaimana Rudal tersebut mampu mencapai sasaran dengan tepat ?
Rudal Tomahawk

Rudal yang sudah dilengkapi dengan dengan pemandu GPS tersebut berkerja dengan cara meneruskan sinyal dan posisi armada bergerak kepada Base Station (BS). Teknologi satelit ini akan melakukan pencitraan terhadap objek yang ada di bumi yang selanjutnya akan diinformasikan kepada BS. BS selanjutnya melakukan kalkulasi pencitraan ini, selanjutnya diteruskan terhadap rudal yang sudah dilengkapi dengan GPS. Selanjutnya tinggal menentukan titik sasaran yang akan dituju.
Berikut ini merupakan beberapa contoh rudal yang sudah menggunaka alat pemandu
berupa GPS:

1. AGM-137 TRI-SERVICE STANDOFF ATTACK MISSILE (TSSAM).

Angkatan Udara Amerika (USAF) mulai mengembangkan Tri-Service Standoff Attack Missile (TSSAM) pada tahun 1986; untuk menghasilkan rudal dengan teknologi stealth untuk USAF, USN dan USMC dengan kemampuan jarak jauh, pemandu berdiri sendiri, pengenalan target otomatis, dan keakuratan tinggi serta hulu ledak yang mampu menghancurkan sasaran berupa struktur berpelindung tinggi baik didarat maupun diatas permukaan laut. Rudal akan dilengkapi dengan inertial navigation yang dibantu dengan GPS.Untuk versi USN dan USAF dilengkapi dengan imaging infrared terminal sensor untuk mendeteksi target dan terminal homing, dan dipasangi dengan unitary warhead. Versi kedua untuk USAF akan memuat submunisi CEB (combination effects bobmlet) untuk menghancurkan target darat.
Pesawat yang akan dieprsenjatai dengan rudal ini antara lain B-52H, F-16C/D, B-1, B-2 dan F/A-18C/D.Karena adanya keterbatasan anggaran, untuk sementara proyek ini mengalami penundaan, dan akhirnya dibatalkan. Pembatalan juga terjadi pada program TSSAM yang merupakan penyempurnaan dari program JASSM.

2. AGM-154A JOINT STANDOFF WEAPON (JSOW).

Merupakan program bersama USN dan USAF untuk standarisasi senjata kendali jarak menengah, terutama untuk menghancurkan target terlindung pada jarak diluar jangkauan senjata anti-serangan udara, untuk mempertinggi tingkat keselamatan pesawat tempur.
JSOW dikembangkan dalam dua varian; A dan C, dirancang untuk menghancurkan target berupa area target, hard target, dan gabungan keduanya. Kontraktor yang ditunjuk adalah Raytheon.

KARAKTERISTIK UMUM.

• Fungsi utama: sista air-to-surface Standoff from Point Defence (SOPD) untuk berbagai
jenis sasaran.
• Pemandu: GPS/INS, Terminal IR Seeker (unique “C” model).
• Panjang : 4,1 meter
• Diameter : 33 cm (box shaped on a side) – 40,6 x 51,9 cm.
• Bobot: dari 483 kg sampai 681 kg.
• Bentang sayap: 2,69 meter.
• Hulu ledak: BLU-97 – combined effect bomblets (JSOW A)
BLU-108 – sensor fuze weapon (JSOW B) – dibatalkan.
BROACH multi-stage warjead (JSOW C)
• Pesawat peluncur: F/A-18C/D, F/A-18E/F, F-35C, F-16 Block 40/50, B-1B, B-2A, B-52H, F-15E, F-35A.
• Jarak jelajah: Peluncuran ketinggian rendah – 28 km
Peluncuran ketinggian tinggi -120 km
• Deployment: Januari 1999.

3. AGM-158 JOINT AIR TO SURFACE STANDOFF MISSILE (JASSM).

Hasil rancang bangun Lockheed Martin. AGM-158A menggunakan pendorong turbojet CAE J402 dari Teledyne. Pemanduan melalui inertial navigation yang selalu diperbaharui dengan GPS. Pengenalan target dan terminal homing melalui imaging infrared seeker. Kelengkapan data link menjadikan rudal mengirimkan sinyal lokasi dan statusnya saat melesat menuju sasaran. Hulu ledak berupa WDU-42/B penetrator dengan bobot 450 kg.
JASSM dapat dibawa oleh pesawat tempur seperti F-15E, F-16, F/A-18, F-35, B-1B, B-2 dan B-52.

4. STORM SHADOW

Salah satu rudal cerdas itu, dan yang paling baru, adalah Storm Shadow. Caranya menuju sasaran mirip rudal Tomahawk, tapi ini rudal khusus yang dirancang untuk menghancurkan target keras seperti bungker dengan cara revolusioner.Rudal yang sebijinya US $ 1,1 juta itu menggunakan sistem multi-”hulu ledak”, hingga dapat menjebol beton yang diperkeras yang tebalnya dua kali dari yang dapat dilakukan peledak bungker lain.Storm Shadow terbang menuju sasaran menggunakan dua pemandu: satelit GPS dan Terprom. GPS digunakan untuk memandu rudal menuju sasaran, sementara Terprom dipakai untuk mempertahankan ketinggian terbang rudal yang harus sangat rendah, hingga tak terdeteksi radar pertahanan musuh. Terprom memungkinkan rudal terbang mengikuti kontur permukaan pada ketinggian 30 m.Betapapun, yang mengerikan dari bom-bom itu adalah buruknya kualitas data target yang diprogram ke dalamnya. Pada perang 1991, dua bom laser menghantam sebuah perlindungan militer di Amariya, distrik di Bagdad, membunuh 400 laki-laki, perempuan, dan anak-anak. Pada 1999, di Kosovo, kedutaan besar Cina di Belgrade telah diledakkan dengan JDAM, membunuh 3 orang. Konon, kedua kasus salah sasaran itu karena peta yang dipakai masih veris lama.

Peluncuran Rudal :
1. Rudal dilepaskan ±400 km dari sasaran
2. Rudal menukik ke ketinggian 30 m dari permukaan untuk menghindari deteksi radar
musuh
3. Di dekat sasaran, rudal naik ke ketinggian. Rudal kemudian melepaskan penutup
moncongnya, hingga memungkinkan sensor inframerah memindai target
4. Menghancurkan bungker
Storm Shadow menggunakan sistem senjata yang disebut Bomb Rodal Ordinance Augmenting Charge (BROACH). Sederhananya, ini bom yang meledak beberapa kali. Fase pertama ditujukan untuk mendekati sasaran dengan menghancurkan pelindungnya, fase terakhir untuk menghabisi sasaran yang sesungguhnya
Berikut adalah bagaimana cara Storm Shadow meledak :
1. Sensor inframerah mendeteksi sasaran
2. Ledakan pertama membersihkan tanah dan penutup di atas beton bungker. Ledakan
berikutnya yang terarah melontarkan logam panas hingga kedalam 6 meter, menembus
atap beton bunker
3. Bom penghancur bunker masuk ke dalam komplek bungker
4. Bom meledak di dalam bungker

Sumber : http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=21&ved=0CCgQFjAAOBQ&url=http%3A%2F%2Felearning.upnjatim.ac.id%2Fcourses%2FFPB8001%2Fwork%2F4e112bab7eaefHerfiant_Tristianto_-_1034010025.doc&ei=Mw4ZU_XzKs6jkQecl4GYDg&usg=AFQjCNFykTvYg4jEnXQQN7ONZ8TLG2ESug&sig2=9TWWrJ19dacyVaynWSgMQQ&bvm=bv.62578216,d.eW0

2. Ekonomi dan Bisnis

aplikasi akuntansi yang bernama Krishang General Ledger versi 4.0. Krishand GL 4.0 merupakan software akuntansi versi terbaru keluaran dari Krishand Software yang merupakan lanjutan dari versi 3.0 yang telah diminati banyak pelanggan karena kehandalannya. Krishand GL telah dikembangkan sejak tahun 2000 dan telah digunakan oleh 400-an perusahaan hingga saat ini. Didukung dengan Team Support dan Team Pengembang Software yang selalu ingin memberikan yang terbaik bagi pelanggannya. Sesuai dengan standar mutu Krishand Software yaitu merancang sebuah sistem aplikasi yang sederhana, handal dan mudah dioperasikan. Krishand GL 4.0 juga dirancang agar mudah dipelajari dan dioperasikan namun lengkap dengan fitur-fitur yang mampu memudahkan pekerjaan Anda dengan harga kompetitif.

Fitur-fitur standar pada aplikasi Krishand GL :
• Berbasis Windows.
• Multi user, sederhana, dan mudah digunakan.
• Multi cabang, multi currency, multi cost center dan user defined key analysis
• Dapat digunakan oleh semua jenis usaha.
• No. Perkiraan dapat disetup sendiri oleh user dengan maksimum 12 karakter.
• Dapat menginput jurnal untuk periode yang akan datang tanpa harus menutup periode
yang sedang berjalan.
• Bisa mencatat nilai mata uang asing dan pembuatan jurnal selisih kurs secara otomatis
• Proses posting dan unposting dapat dilakukan setiap saat. Proses unposting dilakukan
jika ingin koreksi jurnal periode yang telah ditutup.
• Buku Besar dan Neraca Saldo dapat dilihat setiap saat tanpa perlu proses posting.
• Nilai debet/kredit mencapai 99.999.999.999.999.
• Dapat mengedit transaksi jurnal tahun sebelumnya dan fasilitas pindah saldo.
• Penomoran bukti jurnal secara otomatis dan fungsi penyusunan ulang nomor bukti
jurnal.
• Format tampilan laporan keuangan dapat disetup sendiri oleh user sehingga Anda dapat
menghasilkan laporan keuangan yang tampilannya berbeda untuk beberapa pihak yang
berbeda kepentingan.
• Custom report formatting untuk berbagai macam laporan anlisa sesuai dengan
kebutuhan Anda.
• Laporan dapat diekspor ke Microsoft Excel.

Dan fitur-fitur terbaru yang diberikan aplikasi Krishand GL 4.0 sekarang adalah :
Pilihan jumlah periode pembukuan antara 12 atau 13 periode.
Tampilan datasheet (kolom dan baris) dalam input jurnal.
1. Anda dapat membuat sendiri parameter pengelompokan dan pengikhtisaran jurnal
secara bebas (user defined keys).
2. Jurnal dapat dikunci (lock) tanpa menunggu proses posting.
3. Membandingkan saldo neraca dan laba rugi per periode untuk tahun berjalan dengan
tahun lalu.
4. Sampai sekarang belum ditemukan titik kelemahan daripada aplikasi Krishand G 4.0
ini karena versi 4.0 ini merupakan keluaran terbaru dan kemampuannya pun sudah
dipastikan lebih baik daripada sebelumnya.
Sumber :http://www.softwareakunting.com/blog/2011/08/10/software-akuntansi-paling-handal-saat-ini/

3. Pendidikan

Game edukasi merupakan media pembelajaran yang dibuat dalam bentuk permainan. Game Bookwarm Deluxe ini merupakan permainan mencari kata dalam bahasa inggris dengan menghubungkan huruf-huruf yang telah diacak menjadi sebuah kata. Semakin panjang kata yang ditemukan maka semakin besar nilai yang akan diperoleh begitu pula sebaliknya jika kata yang ditemukan kecil maka nilainya pun kecil. Permainan mencari kata ini sangat baik dimainkan disamping mendapat hiburan melepas kejenuhan, dengan bermain mencari kata ini kita dapat menambah kosakata kita dalam bahasa inggris. Jadi, disamping bermain kita pun dapat sambil belajar. Melatih kemampuan otak kita secara aktif, memaksa otak dalam membuat keputusan dan memberikan tantangan. Hal ini pun dapat membantu bagi anak yang malas membaca kamus bahasa inggris dalam memperbanyak kosakata bahasa inggrisnya. Yang menjadikan game edukasi ini lebih menyenangkan adalah dengan tampilannya yang lebih menarik dibandingkan dengan tampilan kamus. Warna-warnanya yang menarik dengan gambar ulat yang mengenakan kacamata dan dasi merahnya sebagai ikon dari game tersebut pastinya membuat anak lebih bersemangat.
Pada game bookworm inipun disebutkan pula kekurangannya bahwa penilaiannya (scoring) masih tidak jelas dan akan sangat monoton jika dimainkan terus menerus. Tidak hanya itu, bermain game pun bisa berdampak tidak baik buat anak, bagaimanapun anak-anak tidak baik jika lebih banyak waktunya digunakan untuk berada di depan layar monitor mereka untuk memainkan game ini, dikarenakan kebiasaan anak lebih sering lupa waktu kalau sudah seperti itu. Selain mata sebagai ancaman kesehatan, juga waktu yang dipergunakanpun menjadi tidak optimal sehingga berakibat segala aktivitas anak lainnya menjadi tidak teratur. Oleh sebab itu, dianjurkan sebaiknya walaupun game ini baik untuk pembelajaran anak, orang tuapun harus tetap mengontrol waktu si anak agar segalanya tetap berjalan dengan baik dan teratur sehingga fungsi daripada game edukasi ini tidak berbalik menjadi hal yang negatif pada anak.
Sumber : http://www.download-free-games.com/word_game_download/bookworm.htm

4. Agronomi dan Pertanian

Secara umum, sistem pakar (expert system) adalah sistem yang berusaha mengadopsi
pengetahuan manusia ke komputer agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli (Kusumadewi; 2003; 109). Sistem pakar mulai dikembangkan pada pertengahan tahun 1960-an oleh Artificial Intelligence Corporation. Selain itu sistem pakar juga dapat berfungsi sebagai asisten yang pandai dari seorang pakar. Sistem pakar dibuat pada wilayah pengetahuan tertentu untuk suatu kepakaran tertentu yang mendekati kemampuan manusia di salah satu bidang. Sistem pakar mencoba mencari solusi yang memuaskan sebagaimana yang dilakukan oleh seorang pakar, seperti memberikan penjelasan terhadap langkah yang diambil dan memberikan alasan atas saran atau kesimpulan yang ditemukannya . Secara umum, sistem pakar (expert system) adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli Kusumadewi; 2003; 109). Sistem pakar mulai dikembangkan pada pertengahan tahun 1960-an oleh Artificial Intelligence Corporation. Selain itu sistem pakar juga dapat berfungsi sebagai asisten yang pandai dari seorang pakar. Sistem pakar dibuat pada wilayah pengetahuan tertentu untuk suatu kepakaran tertentu yang mendekati kemampuan manusia di salah satu bidang. Sistem pakar mencoba mencari solusi yang memuaskan sebagaimana yang dilakukan oleh seorang pakar, seperti memberikan penjelasan terhadap langkah yang diambil dan memberikan alasan atas saran atau kesimpulan yang ditemukannya . Pengambilan keputusan pada sistem pakar dapat menggunakan metode decision tree.

Pada metode decision tree pelacakan dimulai dari penelusuran semua data dan aturan untuk Mencapai tujuan. Metode decision tree cocok untuk diagnosa awal pada penyakit dengan pelacakan dari gejala-gejala yang diderita. Dari penjelasan ini maka sistem pakar ini dapat diterapkan untuk membantu petani menyelesaikan permasalahan yang dihadapi akibat dari penyakit yang menjakit tanaman padinya. Karena dengan sistem pakar dapat mengidentifikasi penyakit tanaman padi dari gejala-gejala yang ada serta memberikan solusi berdasarkan jenis penyakit layaknya seorang pakar . Penyakit pada tanaman padi ini mengakibatkan produksi komoditi mengalami penurunan setiap tahunnya. Berdasarkan data katalog Badan Pusat Statistik (BPS) untuk produksi komoditi padi mengalami penurunan pada bulan Juli tahun 2012 Gabah Kering Giling (GKG) hanya mencapai 65,76 juta ton dan lebih rendah 1,07 persen dibandingkan tahun 2010. Salah satu penyebab menurunnya hasil produksi pertanian adalah serangan penyakit . Petani rata-rata menghabiskan seperlima tenaganya untuk memberantas penyakit pada tanaman padinya. Petani harus bekerja keras karena dampak dari serangan penyakit tersebut dapat melenyapkan lebih dari 10% potensi produksi. Penyakit adalah salah satu kendala program peningkatan produksi padi. Kendala peningkatan produksi akan semakin kompleks akibat perubahan iklim global yang menyebabkan produksi tidak stabil. Di Asia Tenggara hasil padi rata-rata 3,3 t/ha, padahal hasil yang bisa dicapai 5,6 t/ha. Senjang hasil tersebut disebabkan oleh penyakit sebesar 12,6% dan hama 15,2% (Oerke et al. 1994). Di indonesia, potensi hasil varietas padi yang dilepas berkisar antara 5-9 t/ha (Suprihanto et al. 2006), sementara hasil nasional baru mencapai rata-rata 4,32 t/ha (BPS ; 2001). Permasalahan yang dihadapi petani akibat dari penyakit ini, maka dibutuhkan suatu layanan yang bisa membantu para petani untuk mendiagnosis awal penyakit pada tanaman padinya yaitu berupa suatu sistem pakar (expert system). Sistem pakar dengan metode decision tree ini diterapkan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 dan Database Management System (DBMS) menggunakan MySQL.

Sumber : http:// jkptumpo-gdl-sugengpreh-551-1-abstrak,-o.pdf

5. Teknik dan Rekayasa

AdOptik5 merupakan contoh dari aplikasi optik. Aplikasi optik sendiri berdasar pada fokus ilmu dari bidang studi rekayasa optik. Ahli rekayasa optik mendesain komponen dari instrumen optik seperti lensa, mikroskop, teleskop, dan peralatan lainnya yang mendukung sifat cahaya. Peralatan lain meliputi sensor optik dan sistem pengukuran, laser, sistem komunikasi fiber optik, sistem cakram optik (CD, DVD, dll), dan sebagainya. Berikut saya akan menjabarkan sedikit tentang aplikasi ini.AdOptik5 adalah perangkat lunak yang mengolah dan menampilkan serta memberikan informasi penting untuk usaha Optik secara real-time dan Multi-User. Dengan AdOptik yang dirancang dengan memperhatikan keakuratan data dan kemudahan pemakaian, kami dapat memastikan bahwa anda akan menerima data yang anda perlukan secara real-time dan mudah pemakaiannya. AdOptik juga menampilkan laporan untuk membantu Anda dalam membuat berbagai keputusan yang berhubungan dengan Customer. Sebab AdOptik menyediakan History Customer dan ukuran Kacamata Customer.
Fitur-fitur yang disediakan pada aplikasi ini adalah :
1. Pembelian
2. Retur Pembelian
3. Pelunasan Hutang
4. Pencairan Giro Keluar
5. Penjualan
6. Retur Penjualan
7. Pembayaran Piutang
8. Pencairan Giro Masuk
9. Kas – Bank
10. Biaya
11. Laporan Customer dan Supplier
12. Laporan Stock ( Kartu Stock dan Stock Aktof/ Pasif)
13. Laporan Pembelian
14. Laporan Penjualan
15. Laporan Kas – Bank
16. Laporan Biaya
17. Label BarCode untuk barang dan Customer
Tentunya dengan kelengkapan fitur yang disediakan membuat aplikasi ini memberi kemudahan bagi operator optik juga pelanggannya. Terutama bagi pelanggan karena mereka bisa langsung menerima konfirmasi langsung dari operator optik mengenai laporan optiknya.
Sumber :
http://adisi2000.indonetwork.co.id/1417096/adoptik-aplikasi-usaha-optik.htm
http://id.wikipedia.org/wiki/Rekayasa_optik

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: