Tugas Denny Trias Weblog

Kerjakan dengan sungguh-sungguh, bagikan ilmu dengan ikhlas, nanti Allah akan menambahkan keberkahan

Sari Wahyuning Ratri E32120596 TKK GOL B

Nama : Sari Wahyuning Ratri
NIM : E32120596
Gol : B
Prodi :TKK

Kecerdasan buatan dalam bidang Pertahanan dan Keamanan

Alarm kebakaran
Dalam bidang pertahanan dan keamanan AI (Artificial Intelligence) sangat penting untuk melakukan pendeteksi ancaman dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu AI dalam bidang keamanan ini membuat kenyamanan dalam melakukan kegiatan sehari hari. Saya mengambil contoh AI dalam bidang Keamanan yaitu aplikasi untuk mendeteksi adanya kebakaran seperti alarm kebakaran pada suatu perusahaan.
Disini alarm berfungsi untuk memberikan peringatan dini kepada lingkungan sekitar bila terjadi kebakaran dapat dicegah atau api dapat diketahui dengan cepat dan dipadamkan sebelum membesar.

Dalam contoh aplikasi yang saya temukan, bukan hanya alarm kebakaran dengan bunyi saja tetapi alarm ini dapat mengirimkan sms kepada pemilik gedung, dan terdapat penyemprot air otomatis pada alarm. Terdapat 2 sensor dalam alarm yaitu detector asap dan detector suhu. Alarm kebakaran ini akan mengirim sms ke pemilik gedung pada saat mendeteksi adanya asap dan kenaikan suhu yang cukup tinggi, saat itu alarm akan berbunyi dan setelah itu alarm akan menyemprotkan air. Tetapi jika detector asap mendeteksi adanya asap akan tetapi detector suhu tidak mendeteksi kenaikan suhu maka mikrokontroler akan mengasumsikan asap bukan dari kebakaran dan tidak akan mengaktifkan system lainnya.


Aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang Pertanian

Sistem pakar untuk mengidentifikasi penyakit tumbuhan
AI (Artificial Intelligence) dalam bidang pertanian, saya memilih aplikasi untuk mengidentifikasi hama atau penyakit tumbuhan (sistem pakar). Penggunaan Sistem Pakar dapat meningkatkan keahlian manusia awam dalam memecahkan masalah dan membantu user membuat keputusan tanpa dibantu oleh seorang pakar seperti untuk mengetahui nama penyakit pada suatu tanaman,
Menentukan solusi yang tepat untuk penangulangan penyakit, Sistem melakukan penelusuran dapat lebih cepat sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja. Fungsi dari adanya sistem pakar ini adalah mempermudah kinerja pada bidang pertanian.
Proses dalam system pakar ini adalah Pada form utama terdapat dua menu yaitu Menu Master dan Menu Penelusuran. Pada menu Master, admin dapat memasukkan data atau basis pengetahuan yang nantinya akan digunakan sebagai penelusuran. Form tersebut adalah Input Nama Penyakit, Input Gejala Penyakit dan Input Penyakit. Selain memasukkan data pada Menu Master juga terdapat sub menu Login dan Keluar, form ini digunakan oleh admin untuk dapat mengedit atau menambahkan inputan untuk basis pengetahuan. Admin yang telah melakukan login dapat membuka Form input data penyakit, dalam form ini admin diharuskan untuk memasukkan kode penyakit dan nama penyakitnya. Kemudian terdapat form gejala penyakit, seluruh gejala penyakit yang ada pada tumbuhan ada dalam gejala penyakit. Setelah selesai dengan penelusuran akan ditampilkan nama penyakit yang ditimbulkan oleh gejala-gejala tersebut.


Aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang Pendidikan

Aplikasi menentukan ibukota suatu Negara atau Provinsi
CAI adalah singkatan dari Computer Aided Instructions yang artinya adalah sistem komputer yang dapat menyampaikan pengajaran secara langsung kepada penerima informasi melalui cara berinteraksi dengan mata pelajaran yang telah diprogramkan. Komputer sebagai media untuk menyampaikan materi pembelajaran/ informasi, petunjuk dalam menyelesaikan soal-soal latihan yang ada juga sekaligus sebagai penilai.
Aplikasi AI dalam bidang pendidikan ini, saya mengambil contoh sistem pembelajaran anak-anak dalam menentukan ibukota suatu Negara atau Provinsi. Aplikasi ini termasuk kedalam CAI (Computer Aided Intruction) yang berfungsi untuk memudahkan setiap orang tua untuk mengajarkan nama ibukota kepada anak-anak mereka. Aplikasi ini juga memberikan beberapa animasi untuk membuat anak-anak merasa senang untuk belajar, jadi anak-anak tidak akan bosan dengan cara belajar dengan bermain.
Pada aplikasi permainan anak-anak yang berumur 9 tahun keatas ini membantu anak anda mempermudah hafalan nama ibukota seluruh dunia. Dalam permainan ini jika anak anda salah dalam menebak atau mencocokkan ibukota dengan Negara maka akan diberi kesempatan 3 kali untuk mencobanya kembali. Aplikasi ini sangat mendidik anak-anak sekali. Software ini sendiri dapat digunakan sebagai pelajaran dalam kelas, home schooling, atau sekedar untuk bersenang-senang saja. Dengan aplikasi ini, anak-anak akan ditantang untuk mengenal berbagai Negara dan Ibukota di Dunia.

Aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang Ekonomi

Sistem pakar untuk kasir toko
Sistem pakar menerapkan kapabilitas pertimbangan untuk mencapai kesimpulan. Sebuah sistem pakar dapat memproses sejumlah besar informasi yang diketahui dan menyediakan kesimpulan-kesimpulan berdasarkan pada informasi-informasi tersebut. Komputer dapat diprogram untuk berbuat seperti orang yang ahli dalam bidang tertentu. Komputer yang demikian dapat dijadikan seperti konsultan atau tenaga ahli di bidang tertentu yang dapat menjawab pertanyaan dan memberikan nasehat-nasehat yang dibutuhkan.
Aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang Ekonomi ini saya mengambil contoh system pakar untuk kasir toko. Sistem ini digunakan untuk keperluan transaksi sehari-hari. Sistem ini sangat berguna untuk menghasilkan data. Daur ulang informasi dari sistem ini akan mendapatkan data dari luar dan dari dalam. Untuk data yang datang dari luar, sistem ini dapat ditemukan pada front office yang prosesnya sangat dekat dengan pelanggan, bahkan ada yang berinteraksi langsung dengan pelanggan.jadi dapat disimpulkan sistem ini membantu manusia untuk mempermudah proses transaksi dalam kegiatan jual beli barang.


Aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang Rekayasa

RobotCleaner
Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam robotik adalah suatu algorithma (yang dipandang) cerdas yang diprogramkan ke dalam kontroler robot. Pengertian cerdas di sini sangat relatif, karena tergantung dari sisi mana sesorang memandang.
Manipulator robot adalah sistem mekanik yang menunjukkan pergerakan dari robot. Sistem mekanik ini terdiri dari susunan link(rangka) dan joint (engsel) yang mampu menghasilkan gerakan yang terkontrol.
Pada aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang Rekayasa ini, saya mengambil contoh robotika yaitu RobotCleaner. Bisa dilihat dari namanya saja, robot ini berfungsi untuk membantu anda untuk membersihkan rumah. Selain anda bisa menangani pekerjaan lainnya, anda juga bisa bersantai dan melihat robot ini bekerja.
Robot pembersih lantai yang menggunakan kombinasi sapu dan vacuum (penyedot) debu dan kotoran. Dengan teknologi robotik, alat ini dapat bekerja secara otomatis membersihkan ruangan dengan sempurna tanpa menyisakan debu di lantai maupun di karpet. RobotCleaner juga dilengkapi alat navigasi dan fitur sensor, sehingga mampu mendeteksi benda-benda yang ada di sekitarnya seperti kabel, furnitur dan lain-lain. Tidak perlu khawatir akan mengganggu kenyamanan Anda, karena alat ini juga dilengkapi sensor yang dapat mendeteksi tangga, sehingga alat ini tidak terguling.

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: