Tugas Denny Trias Weblog

Kerjakan dengan sungguh-sungguh, bagikan ilmu dengan ikhlas, nanti Allah akan menambahkan keberkahan

kecerdasan Buatan Oleh Bima Bagus Subangun (E32110997) Gol.C SMT 4 TKK

Nama : Bima Bagus Subangun
Nim : E32120997
Prodi : TKK

1. Dalam bidang Pertahanan Dan Keamanan
Dalam bidang pertahanan dan keamanan AI dapat digunakan untuk melakukan pendeteksian terhadap ancaman yang dating dapat berupa serangan udara, darat maupun laut. Dengan bantuan AI memungkinkan manusia untuk mendapatkan pemetaan dari serangan-serangan yang masuk,mencari tahu siapa yang melakukan serangn,membuat peta kekuatan serangan,dan menganalisis bagaimana mengatasi serangan-serangn tersebut. Contoh lebih spesifik penggunaan AI dalam bidang pertahanan dan keamanan adalah AI dapat digunakan unutk mendeteksi serangan peluru kendali tersebut, seberapa besar daya ledak peluru kendali tersebut dan menganalisis bagaimana cara mengatasi peluru kendali tersebut
Contoh :
Aplikasi Sistem Keamanan data militer dengan memanfaatkan system enkripsi paket
Sistem keamanan dan pertahanan suatu Negara adalah suatu bagian penting dalam suatu Negara tersebut . untuk itu diperlukan suatu system penguncian data atau system enkripsi yang canggih agar data militer suatu Negara dapat disimpan dengan aman. Dalam system enkripsi ini di tanamkan metode kecerdasan buatan yang digunakan sebagai “otak” dalam melakukan enkripsi data. AI nya pun dapat di buat secara rumit , sehingga dapat meningkat kan keamanan dari data tersebut
2. Dalam bidang Ekonomi
Contoh Aplikasi :
e-business, e-marketing, e-commerce, FOLIO – Membantu memberikan keputusan bagi seorang manager dalam hal stok broker & investasi, Aplikasi Pemantau Naik turunnya Mata Uang, Pemantau naik turunnya harga saham, aplikasi yang memantau naik turunnya harga logam, aplikasi yang memantau naik atau turunnya harga emas, memantau harga jual minyak dll. Penggunaan kecerdasan buatan ditujukan pada pengorganisasian operasi, investasi saham dan memanagemen property. Sebuah system yang memiliki kecerdasan buatan dapat mengkalkulasi inflasi maupun deflasi yang akan terjadi di masa depan serta dapat mengkalkulasi probilitas naik turunnya harga saham sehingga dapat digunakan untuk menentukan investasi secara detail. Menggunakan jaringan syaraf tiruan yang dapat mendeteksi adanya perubahan-perubahan harga saham pada masa yang akan datang, membuat system kecerdasan buatan ini layak di gunakan pada bidang ekonomi dan bisnis.
3. Bidang Pendidikan
Computer Assisted Instruction (CAI )
Intelligence Computer – aided Instruction (CAI) juga termasuk ke dalam lingkup kecerdasan buatan. Komputer ini digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar. CAI merupakan pengembangan lebih lanjut dari Computer Assisted Instruction (CAI ). CAI dapat diartikan sebagai penggunaan komputer secara langsung dengan siswa untuk menyampaikan isi pelajaran, memberikan latihan dan mengetes kemajuan belajar siswa. . CAI juga bermacam-macam bentuknya bergantung kecakapan pendesain dan pengembang pembelajarannya, bisa berbentuk permainan (games),
Dikutip dari Modul proposal pembelajaran berbasis AI Universitas Pendidikan Indonesia

4. Bidang Pertanian
Teknologi adalah penerapan dan pengembangan ilmu-ilmu pada alat, mesin, serta proses untuk memantu manusia menyelesaikan masalahnya dalam kehidupan. Sedangkan pertanian dapat diartikan sebagai hal atau proses untuk menghasilkan bahan pangan, ternak dan produk-produk lahan dengan pemanfaatan sumber daya alam terutama tumbuhan dan hewan. Sehingga teknologi pertanian dapat diartikan sebagai usaha penerapan ilmu-ilmu terapan dan keteknikan pada bidang pertanian untuk memudahkan manusia mendapatkan hasil yang maksimal dari sumber daya hewan dan tumbuhan guna meningkatkan kesejahteraan manusia itu sendiri.
Objek formal dari ilmu teknologi pertanian berada dalam fokus pasca panen, yakni pemungutan hasil budidaya flora dan fauna, peningkatan nilai tambah hasil pertanian, pengolahan dan rekayasa hasil budidaya, penyimpanan hingga pemasaran produk-produk pertanian.

Contohnya pada indhustri susu, teknologi pertanian terlihat jelas berperan setelah susu diperah dari sapi. Dengan penerapan teknologi pertanian, susu segar tersebut dapat ditingkatkan nilainya baik dengan rekayasa maupun pengawetan, seperti rekayasa menjadi susu bubuk maupun pengawetan susu dengan pasteurisasi. Kemudian, pada proses pemasaran susu tersebut, teknologi pertanian juga berperan antara lain pada teknologi pengemasan maupun manajemen pasar sehingga dengan teknolgi pertanian, nilai jual susu tersebut menjadi tinggi dengan biaya produksi yang dapat ditekan. Dari satu contoh ini, terlihat jelas bahwa melalui penerapan teknologi dalam bidang pertanian akan memudahkan manusia untuk menyelesaikan masalahnya dalam idang pertanian serta mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dari sektor tersebut.
5. Bidang Teknik dan Rekayasa
Kecerdasan buatan dalam robotika
Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam robotik adalah suatu algorithma (yang dipandang) cerdas yang diprogramkan ke dalam kontroler robot. Pengertian cerdas di sini sangat relatif, karena tergantung dari sisi mana sesorang memandang. Contoh penerapan robot dalam kehidupan sehari hari adalah digunakan nya robot untuk menjinakkan bom atau untuk mendeteksi bahan peledak. Salah satu langkah untuk mencegah terjadinya ledakan bom adalah menjinakkan bom tersebut sebelum meledak. Namun menjinakkan bom merupakan salah satu pekerjaan yang memiliki risiko tinggi, karena bom tersebut dapat meledak kapan saja. Untuk mengurangi risiko jatuhnya korban jiwa dalam upaya menjinakkan bom, diperlukan sebuah security robot yang dapat menggantikan tugas manusia. Selama ini upaya ”penjinakan” bom di Indonesia lebih banyak mengandalkan keahlian manusia, meski dalam beberapa kasus, ancaman bom dapat dipatahkan dengan menggunakan detector maupun alat penjinak bom.
Generator neutron telah dikembangkan di Pusat Teknologi Akselerator dan Proses Bahan Batan sejak tahun 1998. Pendeteksian bahan eksplosif dilakukan dengan cara memancarkan berkas neutron yang telah diaktivasi ke obyek, misalnya, kontainer yang berisi bahan eksplosif.mDari spektrum sinar gamma yang timbul, dapat diketahui isi kontainer tersebut. Karena bahan peledak terdiri dari unsur H, C, N, dan O dalam komposisi tertentu, maka melalui spektrum sinar unsur-unsur tersebut dapat terbaca.

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: