Tugas Denny Trias Weblog

Kerjakan dengan sungguh-sungguh, bagikan ilmu dengan ikhlas, nanti Allah akan menambahkan keberkahan

Reno Putra Adi Nugraha E32120153 / A / TKK4

Berikut adalah beberapa contoh kecerdasan buatan yang digunakan pada beberapa bidang pekerjaan dibawah ini.

1. Bidang Pertahanan dan Keamanan

Dalam bidang Pertahanan dan Keamanan contoh kecerdasan buatan yang di jelaskan disini adalah baju perang pintar contohnya adalah milik tentara AS yang diberi nama Tactical Assault Light Operator Suit (TALOS). Pertahanan suatu negara salah satunya adalah tentara yang siap mati untuk membela negaranya. Demi meminimalisir angka kematian tentara saat perang dan meningkatkan peluang kemenangan maka AS menghadirkan baju perang pintar “TALOS” yang kabarnya terinspirasi dari baju “IRON MAN. TALOS, akan memberikan berbagai manfaat jika berhasil dikembangkan dengan benar. Baju pelindung tersebut pun bisa meningkatkan kemampuan bertahan hidup dan kapabilitas bagi operatornya. Selanjutnya, TALOS pun bisa dilengkapi dengan berbagai perangkat seperti komputer on-board, monitor kesehatan ataupun armor liquid yang dibuat oleh MIT.

sumber : google.com

2. Bidang Ekonomi dan Bisnis

Dalam bidang Ekonomi dan Bisnis contoh kecerdasan buatan yang di jelaskan disini adalah Sistem Pakar Pengambilan Keputusan untuk investor. Sistem pakar bidang Ekonomi di gunakan pengguna untuk menentukan suatu keputusan yang berkaitan dengan investasi , saham atau yang lain. Orang awam yang belum mengerti masalah ekonomi cenderung melakukan prediksi atau intuisi , sehinggan terkadang pemilihan  keputusan yang mereka ambil kurang tepat.Dengan kita menanam kan kecerdasan buatan di dalam system pakar ini , maka tingkat keakurasi an jawaban itu akan semakin baik Sebagaimana ciri-ciri umum sistem pakar, maka di PMS terdapat knowledge base.

sebagai landasan pijak dalam pengambilan keputusan. Knowledge base ini mengandung dua elemen dasar, yaitu fakta dan aturan. Karena kondisi bursa sebagai tempat studi kasus selalu berkembang berfluktuasi, maka perancangan PMS ini harus memperhatikan keluwesan sistem terhadap perubahan baik kondisi bursa maupun lingkungan yang mempengaruhi bursa.Sistem harus dapat mengikuti kejadian yang berkembang di bursa saham dengan melakukan update untuk memantau perubahan nilai (value) efek atau atribut.

sumber : nurtikasarji.multiply.com

3. Bidang Pendidikan

Dalam bidang Pendidikan contoh kecerdasan buatan yang di jelaskan disini adalah Computer Assisted Instruction (CAI). Intelligence  Computer  –  aided  Instruction  (CAI)  juga  termasuk  ke  dalam  lingkup kecerdasan  buatan.  Komputer  ini  digunakan  sebagai  tutor  yang  dapat  melatih  dan mengajar.  CAI  merupakan  pengembangan  lebih  lanjut  dari  Computer  Assisted Instruction (CAI ). CAI  dapat  diartikan  sebagai  penggunaan  komputer  secara  langsung  dengan  siswa untuk  menyampaikan  isi  pelajaran,  memberikan  latihan  dan  mengetes  kemajuan  belajar siswa.  .  CAI juga  bermacam-macam  bentuknya  bergantung  kecakapan  pendesain  dan  pengembang pembelajarannya,  bisa  berbentuk  permainan  (games),

sumber : Modul proposal pembelajaran berbasis AI Universitas Pendidikan Indonesia

4. Bidang Agronomi dan Pertanian

Dalam bidang Agronomi dan Pertanian contoh kecerdasan buatan yang di jelaskan disini adalah Sistem Pakar Pemupukan. Sistem pakar pemupukan PKDSS merupakan suatu aplikasi komputer yang dapat membantu atau menggantikan pakar dalam memecahkan masalah kesuburan tanah, terutama dalam menentukan takaran pupuk. Dengan PKDSS, perhitungan pupuk yang selama ini dilakukan oleh ahlinya dapat dilakukan oleh semua orang. Pengguna hanya tinggal mengikuti petunjuk dan menekan tombol-tombol perintah, dan PKDSS pun dengan cepat akan memrosesnya. Sistem pakar ini mirip dengan kalkulator , dimana petani bias dengan cepat menentukan perbandingan dari bahan pupuk sehingga pupuk menjadi bagus dan hasil tani meningkat.

sumber : http://bijitugas.wordpress.com/

5. Teknik dan Rekayasa

Dalam bidang Teknik dan Rekayasa contoh kecerdasan buatan yang di jelaskan disini adalah AdOptik5. AdOptik5 merupakan contoh dari aplikasi optik. Aplikasi optik sendiri berdasar pada fokus ilmu dari bidang studi rekayasa optik. Ahli rekayasa optik mendesain komponen dari instrumen optik seperti lensamikroskop,teleskop, dan peralatan lainnya yang mendukung sifat cahaya. Peralatan lain meliputi sensor optik dan sistem pengukuranlaser, sistem komunikasi fiber optik, sistem cakram optik (CDDVD, dll), dan sebagainya. Berikut saya akan menjabarkan sedikit tentang aplikasi ini.

AdOptik5 adalah perangkat lunak yang mengolah dan menampilkan serta memberikan informasi penting untuk usaha Optik secara real-time dan Multi-User. Dengan AdOptik yang dirancang dengan memperhatikan keakuratan data dan kemudahan pemakaian, kami dapat memastikan bahwa anda akan menerima data yang anda perlukan secara real-time dan mudah pemakaiannya. AdOptik juga menampilkan laporan untuk membantu Anda dalam membuat berbagai keputusan yang berhubungan dengan Customer. Sebab AdOptik menyediakan History Customer dan ukuran Kacamata Customer.

Fitur-fitur yang disediakan pada aplikasi ini adalah :

1. Pembelian
2. Retur Pembelian
3. Pelunasan Hutang
4. Pencairan Giro Keluar
5. Penjualan
6. Retur Penjualan
7. Pembayaran Piutang
8. Pencairan Giro Masuk
9. Kas – Bank
10. Biaya
11. Laporan Customer dan Supplier
12. Laporan Stock ( Kartu Stock dan Stock Aktof/ Pasif)
13. Laporan Pembelian
14. Laporan Penjualan
15. Laporan Kas – Bank
16. Laporan Biaya
17. Label BarCode untuk barang dan Customer

Tentunya dengan kelengkapan fitur yang disediakan membuat aplikasi ini memberi kemudahan bagi operator optik juga pelanggannya. Terutama bagi pelanggan karena mereka bisa langsung menerima konfirmasi langsung dari operator optik mengenai laporan optiknya.

sumber : http://adisi2000.indonetwork.co.id

Itulah contoh – contoh kecerdasan buatan yang digunakan pada bidang – bidang di atas. Terima Kasih

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: