Tugas Denny Trias Weblog

Kerjakan dengan sungguh-sungguh, bagikan ilmu dengan ikhlas, nanti Allah akan menambahkan keberkahan

Tugas AI ( Sofyan Hadi, E32120750, TKK / B)

NAMA : SOFYAN HADI
NIM : E32120750
PRODI/GOL : TKK/B
1. Bidang Pertahanan dan Keamanan
Aplikasi Deteksi Rudal Dalam bidang pertahan dan keamanan AI dapat digunakan untuk melakukan pendeteksian terhadap ancaman yang datang dapat berupa serangan udara, darat maupun laut. Dengan bantuan AI memungkinkan manusia untuk mendapatkan pemetaan dari serangan-serangan yang masuk, mencari tahu siapa yang melakukan serangan, membuat peta kekuatan serangan, dan menganalisis bagaimana mengatasi serangan-serangan tersebut. Contoh lebih spesifik penggunaan AI dalam bidang pertahanan dan keamanan adalah AI dapat digunakan untuk mendeteksi serangan peluru kendali, menganalisis jenis peluru kendali, berasal dari manakah peluru kendali tersebut, seberapa besar daya ledak peluru kendali tersebut dan menganalisis bagaimana cara mengatasi peluru kendali tersebut.Dengan adanya kecerdasan buatan seperti ini memnungkinkan peluru kendali dapat diketahui asal dari peluru dan bisa diantisipasi.
2. Bidang Kendidikan
Aplikasi yang ingin saya jelaskan sebagai contoh aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang pendidikan di sini adalah game edukasi Bookworm Deluxe. Game edukasi merupakan media pembelajaran yang dibuat dalam bentuk permainan. Game Bookworm Deluxe ini merupakan permainan mencari kata dalam bahasa inggris dengan menghubungkan huruf-huruf yang telah di acak menjadi sebuah kata. Semakin panjang kata yang ditemukan, maka semakin besar nilai yang akan diperoleh begitu pula sebaliknya, jika kata yang ditemukan kecil maka nilainya pun kecil. Permainan mencari kata ini sangat baik dimainkan, disamping mendapat hiburan, melepas kejenuhan, dengan bermain mencari kata ini kita dapat menambah kosakata kita dalam bahasa inggris. Jadi, disamping bermain kita pun dapat sambil belajar. Melatih kemampuan otak kita secara aktif, memaksa otak dalam membuat keputusan, dan memberikan tantangan. Hal ini pun dapat membantu anak yang malas membaca kamus bahasa inggris untuk dapat memperbanyak kosakatanya dalam bahasa inggris. Yang menjadikan game edukasi ini lebih menyenangkan adalah dengan tampilan kamus. Warna-warna yang menarik dengan gambar ulat yang mengenakan kacamata dan dasi merahnya sebagai ikon dari game tersebut pastinya membuat anak lebih bersemangat.
Pada game bookworm inipun disebutkan pula kekurangannya bahwa penilaiannya (scoring) masih tidak jelas dan akan sangat monoton jika dimainkan terus menerus. Tidak hanya itu, bermain game pun bisa berdampak tidak baik untuk anak, bagaimanapun anak-anak tidak baik jika waktunya lebih banyak digunakan untuk berada di depan layar monitor mereka untuk main game, karena kebiasaan anak lebih sering lupa waktu jika sudah bermain game. Selain mata sebagai ancaman kesehatan, juga waktu yang digunakanpun menjadi tidak optimal sehingga sehingga berakibat segala aktivitas anak lainnya menjadi tidak teratur. Oleh sebab itu, dianjurkan sebaiknya walaupun game ini baik untuk pembelajaran anak, orang tuapun harus tetap mengontrol waktu si anak agar segalanya tetap berjalan dengan baik dan teratur sehingga fungsi daripada game edukasi ini tidak berbalik menjadi hal yang negatif pada anak.
Fungsi dari aplikasi ini adalah disamping bermain kita pun dapat sambil belajar. Melatih kemampuan otak kita secara aktif, memaksa otak dalam membuat keputusan, dan memberikan tantangan. Hal ini pun dapat membantu anak yang malas membaca kamus bahasa inggris untuk dapat memperbanyak kosakatanya dalam bahasa inggris. Yang menjadikan game edukasi ini lebih menyenangkan adalah dengan tampilan kamus. Warna-warna yang menarik dengan gambar ulat yang mengenakan kacamata dan dasi merahnya sebagai ikon dari game tersebut pastinya membuat anak lebih bersemangat.
3. Bidang Ekonomi
Sistem Pakar Pengambilan Keputusan untuk investor, Sistem ini digunakan pengguna untuk menentukan suatu keputusan yang berkaitan dengan investasi , saham atau yang lain. Orang awam yang belum mengerti masalah ekonomi cenderung melakukan prediksi atau intuisi , sehinggan terkadang pemilihan keputusan yang mereka ambil kurang tepat.Dengan kita menanam kan kecerdasan buatan di dalam system pakar ini , maka tingkat keakurasi an jawaban itu akan semakin baik Sebagaimana ciri-ciri umum sistem pakar, maka di PMS terdapat knowledge base sebagai landasan pijak dalam pengambilan keputusan. Knowledge base ini mengandung dua elemen dasar, yaitu fakta dan aturan. Karena kondisi bursa sebagai tempat studi kasus selalu berkembang berfluktuasi, maka perancangan PMS ini harus memperhatikan keluwesan sistem terhadap perubahan baik kondisi bursa maupun lingkungan yang mempengaruhi bursa.Sistem harus dapat mengikuti kejadian yang berkembang di bursa saham dengan melakukan update untuk memantau perubahan nilai (value) efek atau atribut.
4. Bidang Agronomi dan Pertanian
Sistem Pakar Budidaya Padi. SIPADI (Sistem Pakar Budidaya Padi) merupakan software (perangkat lunak) dalam bentuk kuisioner Ms Excel yang bermanfaat sebagai analisis budidaya tanaman padi. Sistem pakar ini walaupun masih harus disempurnakan, namun luar biasa lengkap dari teknik budidaya hingga analisis biaya. Sistem pakar ini sangat berguna sekali bagi yang terjun ke dunia pertanian terutama yang berkaitan dengan budidaya tanaman padi.
Pengertian sistem pakar itu sendiri merupakan sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang pakar. Dengan sistem pakar ini, orang awam pun dapat menyelesaikan masalahnya atau hanya sekedar mencari suatu informasi berkualitas yang sebenarnya hanya dapat diperoleh dengan bantuan para ahli di bidangnya. Sistem pakar ini juga akan dapat membantu aktivitas para pakar sebagai asisten yang berpengalaman dan mempunyai asisten yang berpengalaman dan mempunyai pengetahuan yang dibutuhkan. Dalam penyusunannya, sistem pakar mengkombinasikan kaidah-kaidah penarikan kesimpulan (inference rules) dengan basis pengetahuan tertentu yang diberikan oleh satu atau lebih pakar dalam bidang tertentu. Kombinasi dari kedua hal tersebut disimpan dalam komputer, yang selanjutnya digunakan dalam proses pengambilan keputusan untuk penyelesaian masalah tertentu.
Oleh sebab itu, dengan adanya Sistem Pakar Budidaya Padi ini pun memiliki manfaat seperti memberi kemudahan bagi user untuk mendapatkan pengetahuan serta informasi apa saja yang diperlukan mengenai teknik maupun biaya yang di inginkan dalam melakukan budidaya padi. Disamping itu, dengan aplikasi sistem pakar user selain diberi kemudahan juga dapat meghemat waktu dalam pengambilan keputusan.
Tapi tidak sepenuhnya sistem pakar hanya memberikan manfaat kepada user. Sistem pakar itu sendiripun memiliki kelemahan pula yaitu biaya yang diperlukan untuk membuat serta memeliharanya sangat mahal, sulit dikembangkan dikarenakan dengan ketersediaan pakar di bidangnya serta sistem pakar sendiripun tidak memiliki nilai yang 100% benar.

5. Bidang Teknik dan Rekayasa
Kecerdasan buatan dalam robotika ,Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam robotik adalah suatu algorithma (yang dipandang) cerdas yang diprogramkan ke dalam kontroler robot. Pengertian cerdas di sini sangat relatif, karena tergantung dari sisi mana sesorang memandang. Contoh penerapan robot dalam kehidupan sehari hari adalah digunakan nya robot untuk menjinakkan bom atau untuk mendeteksi bahan peledak. Salah satu langkah untuk mencegah terjadinya ledakan bom adalah menjinakkan bom tersebut sebelum meledak. Namun menjinakkan bom merupakan salah satu pekerjaan yang memiliki risiko tinggi, karena bom tersebut dapat meledak kapan saja. Untuk mengurangi risiko jatuhnya korban jiwa dalam upaya menjinakkan bom, diperlukan sebuah security robot yang dapat menggantikan tugas manusia. Selama ini upaya ”penjinakan” bom di Indonesia lebih banyak mengandalkan keahlian manusia, meski dalam beberapa kasus, ancaman bom dapat dipatahkan dengan menggunakan detector maupun alat penjinak bom.
Generator neutron telah dikembangkan di Pusat Teknologi Akselerator dan Proses Bahan Batan sejak tahun 1998. Pendeteksian bahan eksplosif dilakukan dengan cara memancarkan berkas neutron yang telah diaktivasi ke obyek, misalnya, kontainer yang berisi bahan eksplosif.mDari spektrum sinar gamma yang timbul, dapat diketahui isi kontainer tersebut. Karena bahan peledak terdiri dari unsur H, C, N, dan O dalam komposisi tertentu, maka melalui spektrum sinar unsur-unsur tersebut dapat terbaca.

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: