Tugas Denny Trias Weblog

Kerjakan dengan sungguh-sungguh, bagikan ilmu dengan ikhlas, nanti Allah akan menambahkan keberkahan

Bayu Pras Wiwit Irwanda / E32120613 / TKK 4

Kecerdasan Buatan di Bidang Pertanian
Teknologi adalah penerapan dan pengembangan ilmu-ilmu pada alat, mesin, serta proses untuk memantu manusia menyelesaikan masalahnya dalam kehidupan. Sedangkan pertanian dapat diartikan sebagai hal atau proses untuk menghasilkan bahan pangan, ternak dan produk-produk lahan dengan pemanfaatan sumber daya alam terutama tumbuhan dan hewan. Sehingga teknologi pertanian dapat diartikan sebagai usaha penerapan ilmu-ilmu terapan dan keteknikan pada bidang pertanian untuk memudahkan manusia mendapatkan hasil yang maksimal dari sumber daya hewan dan tumbuhan guna meningkatkan kesejahteraan manusia itu sendiri.

Objek formal dari ilmu teknologi pertanian berada dalam fokus pasca panen, yakni pemungutan hasil budidaya flora dan fauna, peningkatan nilai tambah hasil pertanian, pengolahan dan rekayasa hasil budidaya, penyimpanan hingga pemasaran produk-produk pertanian.

Contohnya pada indhustri susu, teknologi pertanian terlihat jelas berperan setelah susu diperah dari sapi. Dengan penerapan teknologi pertanian, susu segar tersebut dapat ditingkatkan nilainya baik dengan rekayasa maupun pengawetan, seperti rekayasa menjadi susu bubuk maupun pengawetan susu dengan pasteurisasi. Kemudian, pada proses pemasaran susu tersebut, teknologi pertanian juga berperan antara lain pada teknologi pengemasan maupun manajemen pasar sehingga dengan teknolgi pertanian, nilai jual susu tersebut menjadi tinggi dengan biaya produksi yang dapat ditekan. Dari satu contoh ini, terlihat jelas bahwa melalui penerapan teknologi dalam bidang pertanian akan memudahkan manusia untuk menyelesaikan masalahnya dalam idang pertanian serta mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dari sektor tersebut.


Aplikasi Kecerdasan Buatan Dalam Bidang Teknik dan Rekayasa

Contoh aplikasi yang ingin saya jadikan sebagai contoh aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang teknik dan rekayasa adalah AdOptik5. AdOptik5 merupakan contoh dari aplikasi optik. Aplikasi optik sendiri berdasar pada fokus ilmu dari bidang studi rekayasa optik. Ahli rekayasa optik mendesain komponen dari instrumen optik seperti lensa, mikroskop, teleskop, dan peralatan lainnya yang mendukung sifat cahaya. Peralatan lain meliputi sensor optik dan sistem pengukuran, laser, sistem komunikasi fiber optik, sistem cakram optik (CD, DVD, dll), dan sebagainya. Berikut saya akan menjabarkan sedikit tentang aplikasi ini.
AdOptik5 adalah perangkat lunak yang mengolah dan menampilkan serta memberikan informasi penting untuk usaha Optik secara real-time dan Multi-User. Dengan AdOptik yang dirancang dengan memperhatikan keakuratan data dan kemudahan pemakaian, kami dapat memastikan bahwa anda akan menerima data yang anda perlukan secara real-time dan mudah pemakaiannya. AdOptik juga menampilkan laporan untuk membantu Anda dalam membuat berbagai keputusan yang berhubungan dengan Customer. Sebab AdOptik menyediakan History Customer dan ukuran Kacamata Customer.
Fitur-fitur yang disediakan pada aplikasi ini adalah :
1. Pembelian
2. Retur Pembelian
3. Pelunasan Hutang
4. Pencairan Giro Keluar
5. Penjualan
6. Retur Penjualan
7. Pembayaran Piutang
8. Pencairan Giro Masuk
9. Kas – Bank
10. Biaya
11. Laporan Customer dan Supplier
12. Laporan Stock ( Kartu Stock dan Stock Aktof/ Pasif)
13. Laporan Pembelian
14. Laporan Penjualan
15. Laporan Kas – Bank
16. Laporan Biaya
17. Label BarCode untuk barang dan Customer
Tentunya dengan kelengkapan fitur yang disediakan membuat aplikasi ini memberi kemudahan bagi operator optik juga pelanggannya. Terutama bagi pelanggan karena mereka bisa langsung menerima konfirmasi langsung dari operator optik mengenai laporan optiknya.
Sumber :
http://adisi2000.indonetwork.co.id/1417096/adoptik-aplikasi-usaha-optik.htm

Aplikasi Kecerdasan Buatan Dalam Bidang Ekonomi

Contoh aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang ekonomi dan bisnis yang ingin saya jabarkan di sini adalah aplikasi akuntansi yang bernama Krishang General Ledger versi 4.0. Krishand GL 4.0 merupakan software akuntansi versi terbaru keluaran dari Krishand Software yang merupakan lanjutan dari versi 3.0 yang telah diminati banyak pelanggan karena kehandalannya. Krishand GL telah dikembangkan sejak tahun 2000 dan telah digunakan oleh 400-an perusahaan hingga saat ini. Didukung dengan Team Support dan Team Pengembang Software yang selalu ingin memberikan yang terbaik bagi pelanggannya. Sesuai dengan standar mutu Krishand Software yaitu merancang sebuah sistem aplikasi yang sederhana, handal dan mudah dioperasikan. Krishand GL 4.0 juga dirancang agar mudah dipelajari dan dioperasikan namun lengkap dengan fitur-fitur yang mampu memudahkan pekerjaan Anda dengan harga kompetitif.

Fitur-fitur standar pada aplikasi Krishand GL :
• Berbasis Windows.
. Multi user, sederhana, dan mudah digunakan.
. Multi cabang, multi currency, multi cost center dan user defined key analysis
• Dapat digunakan oleh semua jenis usaha.
• No. Perkiraan dapat disetup sendiri oleh user dengan maksimum 12 karakter.
• Dapat menginput jurnal untuk periode yang akan datang tanpa harus menutup periode yang sedang berjalan.
• Bisa mencatat nilai mata uang asing dan pembuatan jurnal selisih kurs secara otomatis
• Proses posting dan unposting dapat dilakukan setiap saat. Proses unposting dilakukan jika ingin koreksi jurnal periode yang telah ditutup.
• Buku Besar dan Neraca Saldo dapat dilihat setiap saat tanpa perlu proses posting.
• Nilai debet/kredit mencapai 99.999.999.999.999.
• Dapat mengedit transaksi jurnal tahun sebelumnya dan fasilitas pindah saldo.
• Penomoran bukti jurnal secara otomatis dan fungsi penyusunan ulang nomor bukti jurnal.
• Format tampilan laporan keuangan dapat disetup sendiri oleh user sehingga Anda dapat menghasilkan laporan keuangan yang tampilannya berbeda untuk beberapa pihak yang berbeda kepentingan.
• Custom report formatting untuk berbagai macam laporan anlisa sesuai dengan kebutuhan Anda.
• Laporan dapat diekspor ke Microsoft Excel.

Sumber :
http://www.softwareakunting.com/blog/2011/08/10/software-akuntansi-paling-handal-saat-ini/

Aplikasi Kecerdasan Buatan Dalam Bidang Pertahanan dan Keamanan

Contoh aplikasi yang ingin saya jabarkan di sini sebagai contoh aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang pertahanan dan keamanan adalah aplikasi antivirus, salah satunya yang ingin saya contohkan adalah SmadAV Antivirus. Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).
SmadAV adalah Antivirus lokal tak berbayar yang dikhususkan untuk mengatasi virus–virus lokal ataupun mancanegara yang menyebarluas di Indonesia. Smadav dapat digabungkan dengan hampir semua antivirus internasional. Setelah digabungkan, Smadav akan melindungi komputer Anda dari virus lokal dan antivirus internasional tersebut yang akan melindung Anda dari virus internasional secara keseluruhan.
Zainuddin Nafarin alias STC alias Zai, penemu antivirus lokal Smadav ialah murid Sekolah Menegah Umum 2 Pahandut Palangka Raya, Kalimantan Tengah kelas XI IA 1 menciptakan SmadAV di tahun 2006. Zainuddin Nafarin putuskan impossible object sebagai icon Smadav karena icon ini mengagumkan walaupun sangat simple. Sedangkan warna hijau melambangkan kedamaian, itulah mengapa Smadav menggunakan warna hijau untuk semua komponennya termasuk icon ini.Smadav selalu menggunakan warna hijau karena kita Indonesia, paru-paru dunia.
Beberapa kelebihan dari SmadAV yaitu :
1. Teknologi SmaRTP, SmaRT-Protection
• Proteksi paling ringan di dunia, tercepat dan paling sedikit memakai resource komputer.
• Tidak hanya bergantung pada banyaknya database/signature, tapi juga mempunyai kepintaran (algoritma cerdas) yang bisa memproteksi komputer dari virus baru sekalipun.
• Deteksi otomatis flashdisk seketika setelah disambungkan di komputer.
• Deteksi otomatis ketika ada virus saat Anda sedang meng-explore folder
• Dapat digabungkan sempurna dengan proteksi semua produk antivirus manapun.
• Mendukung semua OS Windows XP & Vista
2. Scanner pintar
• Teknologi scanner antivirus tercepat didunia hanya ada di Smadav, paling sedikit memakai resource komputer.
• Banyak metode heuristik untuk pendeteksian virus baru dan belum ada di database
• Database virus terlengkap di Indonesia karena mempunyai database yang digabungkan metode pintar pendeteksian virus
• Ada fitur “1 virus by user” dan pendeteksian tingkat keamanan sistem komputer “risk value”
• Mendukung semua OS Windows XP & Vista
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak_antivirus
http://id.wikipedia.org/wiki/Smadav
Penerapan Kecerdasan Buatan dalam Dunia Pendidikan

Dalam pendidikan AI sangat berperan dalam menyampaikan segala informasi dan pengelaman belajar yang akan membuat peoses belajar mengajar lebih efektif. Dengan menggunakan media-media pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan prinsip-prinsip dan teknik-teknik artificial intelligence, pebelajar/learner dapat belajar tanpa harus berhadapan langsung berhadapan dengan guru, dan informasi dalam media-media pendidikan tentunya akan lebih mempermudah dan meringankan tugas guru/pendidik dalam mentransformasikan ilmu dan pengalaman belajar mereka terhadapa peserta didik. Jadi dapat pula dikatakan bahawa aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang pendidikan yang bertindak sebagai partner bagi pelajar atau mahasiswa dalam mempelajari suatu bidang.

AI dalam mengambil keputusan dalam bidang pendidikan bagi pimpinan lembaga pendidikan akan lebih mempermudah baginya karena data, basis dan pebetahuan informasi yang diperoleh akan lebih akurat dari pada secara manual. Kepala sekolah misalnya, akan lebih mudah dan lebih tepat dalam mengambil keputusan dan kebijakan untuk meningkatkat kualitas pembelajaran dari data yang diperoleh dari sistem AI

– Robot pendidikan (educational robots) : digunakan untuk membantu dalam proses mengajar tentang operasi dan penggunaan dari robot industri.

Contoh robot yang digunakan dalam bidang pendidikan:

a. Rhino Robot XR-2 System: Robot ini dibuat oleh Rhino, Inc., dan digunakan untuk simulasi tentang operasi dari robot-robot industri. Rhino XR-2 dapat diprogram melalui komputer Apple dan programnya dapat disimpan di disk.

b. Microbot: Microbot mempunyai dua macam robot, yaitu Microot Minimower dan Microbot Teachmower. Minimower dapat diprogram dengan komputer Apple atau TRS-80. Teachmower digunakan untuk simulasi robot industri dan menggunakan teach pendant untuk memprogramnya serta dapat digunakan komputer Apple atau TRS-80 untuk menyimpan program.

c. Hero-1: Robot ini dibuat oleh Heath/Zenith, merupakan robot yang dapat bergerak dan dirancang untuk membantu mempelajari robot industri. Robot ini mempunyai beberapa unit sensor. Unit sensor ini dapat mendeteksi gerak, mengukur jarak sampai 15 feet, mendeteksi perubahan tinggkat cahaya, membedakan dua buah suku kata dan menggunakan speech synthesizer, sehingga dapat berbicara. Hero-1 juga dilengkapi dengan teach pendant.

sumber dari : http://edysentausa.wordpress.com/2012/04/03/pengertian-kecerdasan-buatan/

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: