Tugas Denny Trias Weblog

Kerjakan dengan sungguh-sungguh, bagikan ilmu dengan ikhlas, nanti Allah akan menambahkan keberkahan

Diko Sugiono E32120056 Gol A

Penerapan Aplikasi Kecerdasan Buatan Dalam Berbagai Bidang
Apakah pernah terbayangkan bagaimana jika robot – robot dalam transformers ada dalam kehidupan nyata? Jika tidak bisa dibayangkan, kelak teknologi kecerdasan buatan akan bisa mewujudkannya. Lalu apa sih kecerdasan buatan? Berikut ini ulasan beberapa ahli mengenai kecerdasan buatan.
“Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia adalah cerdas (H. A. Simon [1987]).”
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia (Rich and Knight [1991]).”
Dengan semua keterbatasan atau kelebihan yang ada, AI bisa difungsikan atau bisa dikategorikan ke dalam beberapa kegunaan secara garis besar sebagai berikut :
1. Membuat Aplikasi komputer yang sangat mudah bagi pemakai
2. Meningkatkan pemecahan masalah secara cepat dan konsisten
3. Membantu menyelesaikan masalah yang mengandung data yang tidak lengkap atau kurang jelas
4. Menangani informasi yang berlebihan (dengan cara melakukan pengikhtisaran atau penginterprestasian informasi
5. Meningkatkan produktivitas dalam melaksanakan banyak tugas
6. Membantu melakasanakan pencarian data atau suatu pola berdasarkan jumlah data yang sangat besar
Namun tetap saja keunggulan pemikiran atau otak manusia tidak bisa dikalahkan oleh kecerdasan buatan yang dibuat oleh manusia.
Hanya saja beberapa contoh penerapan dibawah ini menunjukkan betapa gemilangnya ide manusia untuk mengalahkan pemikiran murni dari otak yang mempunyai kelemahan dari tingkat kestabilan memory.
1. Deep Blue adalah program catur yang pada tahun 1997 dapat mengalahkan pecatur dunia Garry Kasparov dengan kedudukan 3,5 – 2,5
2. Logic Theorist adalah program yang mampu membuktikan beberapa teorema yang terdapat pada bab pertama Principia Matematica karya Whitehead dan Russell
3. SYSTRAN adalah perangkat lunak yang dapat dipakai untuk melakukan penerjemahan dari dan kebahasa-bahasa berikut: Jerman, Prancis, Italia, Jepang, Korea, Rusia, Portugis dan Spanyol
4. Delco Electronics menciptakan sebuah mobil yang dapat mengemudi sendiri. Mobil ini menggunakan pendeteksi tepi untuk tetap bertahan di jalan
5. Volkswagen AG (Jerman) menciptakan sistem pengemudi kendaraan otomatis
Dengan semakin berkembangnya kemajuan teknologi, kini aplikasi kecerdasan buatan juga digunakan untuk mendukung mudahnya pekerjaan dalam beberapa bidang.
1. Bidang Komputer dan Sains
Beberapa daftar aplikasi yang sebelumnya dikembangkan oleh para peneliti kecerdasan buatan adalah GUI (Graphical User Interface), Kalkulasi koordinat mouse pada layar monitor, manajemen penyimpanan otomatis, pemrograman dinamis serta pemrograman orientasi objek.
2. Finansial
Pada bidang finansial, penggunaan kecerdasan buatan ditujukan pada pengorganisasian operasi, investasi saham, dan memanajemen properti. Sebuah sistem yang memiliki kecerdasan buatan dapat mengkalkulasi inflasi maupun deflasi yang akan terjadi di masa depan serta dapat mengkalkulasi probabilitas naik turunnya harga saham sehingga dapat digunakan untuk menentukan investasi secara detail.
3. Kesehatan
Pada bidang kesehatan, sistem kecerdasan buatan telah digunakan, slah satunya adalah algoritma genetika yang memungkinkan simulasi proses evolusi dan rekayasa genetika diuji coba tanpa memerlukan “korban” makhluk hidup. Algoritma ini juga dapat digunakan untuk pencocokan DNA yang sering digunakan dan saat ini mungkin populer untuk mengidentifikasi identitas seseorang
4. Industri
Mesin – mesin industri menggantikan pekerjaan yang berbahaya bagi pekerja.
5. Telekomunikasi
Pada Bidang telekomunikasi, sistem kecerdasan buatan juga banyak digunakan antara lain untuk pencarian heuristik tentang tenaga kerja mereka, mengatur penjadwalan puluhan ribu pekerjanya, serta menentukan jumlah gaji sesuai dengan kualitas kerja mereka. Semuanya dilakukan secara otomatis dengan kecerdasan buatan yang telah diimplementasikan ke dalam sistemnya.
6. Pengembangan Game
Game masa kini sudah menggunakan rule yang berbeda dari sebelumnya. Kini jika pemain harus memulai lagi permainan maka dia tidak akan menemui pola yang sama dengan yang dimainkannya sebelumnya.
7. Pengembangan Mainan
Peralatan permainan seperti AIBO dan ASIMO, robot anjing cerdas dan robot yang menyerupai manusia yang dapat berinteraksi dengan manusia menjadi salah satu favorit alat bermain yang telah menggunakan kecerdasan buatan pada sistemnya. AIBO dan ASIMO ini dapat berinteraksi dengan manusia melalui suara, fitur speech recognition di dalamnya, robot ini dapat mengerti apa yang diucapkan manusia dan menanggapinya.
– See more at: http://blog.sevima.com/penerapan-aplikasi-kecerdasan-buatan-dalam-berbagai-bidang.html#sthash.suN6jO22.dpuf

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: