Tugas Denny Trias Weblog

Kerjakan dengan sungguh-sungguh, bagikan ilmu dengan ikhlas, nanti Allah akan menambahkan keberkahan

Rofiatul Jannah Desy Sabatini_E32121080_TKK_C

Kecerdasan Buatan dalam bidang “Pertahanan dan Keamanan”

Dunia militer internasional saat ini sudah banyak mengalami kemajuan dalam bidang pertahanan dan keamanan. Banyak sekali diciptakan alat-alat maupun senjata untuk mengamankan negaranya dari teroris maupun invasi dari negara lain. Contohnya adalah kekuatan militer Amerika, para prajurit sudah tidak lagi langsung menghadapi lawan secara langsung. Senjata juga tidak perlu membidik lawan menggunakan kejelian mata. Bahkan para tentara tidak perlu langsung terjun di medan perang. Mengapa demikian? Karena dengan menggunakan sistem senjata pintar semua kegiatan perang dapat dilakukan dengan kendali jarak jauh. Peluru kendali dapat menempuh jarak yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Pesawat mampu melihat musuh diluar jarak pandangan mata. Bahkan medan perang mungkin akan diisi mesin-mesin tanpa awak yang mampu menyebabkan kemusnahan massal. Tidak hanya itu. Mesin-mesin perang pun mengalami kemajuan menjadi monster-monster cerdas.

GPS adalah suatu sistem navigasi yang memanfaatkan satelit. Penerima GPS memperoleh sinyal dari beberapa satelit yang mengorbit bumi. Satelit yang mengitari bumi pada orbit pendek ini terdiri dari 24 susunan satelit, dengan 21 satelit aktif dan 3 buah satelit sebagai cadangan.Dengan susunan orbit tertentu, maka satelit GPS bisa diterima di seluruh permukaan bumi dengan penampakan antara 4 sampai 8 buah satelit. GPS dapat memberikan informasi posisi dan waktu dengan ketelitian sangat tinggi . Dalam serangan terbaru Amerika Serikat dan Inggris ke Irak, ribuan peluru kendali pintar jenis Tomahawk ditembakkan ke Bagdad. Para jenderal aliansi mengatakan, semua peluru kendali mengenai sasaran. Rahasia senjata pintar itu terletak pada sistem pengendalinya. Serangannya dipandu menggunakan sistem satelit militer yang disebut Global Positioning Sytem-GPS. Dengan propaganda militernya, Amerika Serikat memperlihatkan citra satelit, yang menunjukan, bahwa semua sasaran yang dituju tidak pernah meleset.
           Juga disebutkan kerugian di kalangan penduduk sipil dapat dibatasi sampai minimal. Kunci dari keberhasilan serangan itu tentu saja pemanfaatan Global Positioning System-GPS. Sebab menurut para pakar militer, persenjataan pintar mutakhir dikembangkan tidak hanya dengan memperkuat daya jelajahnya, melainkan juga dengan memperbaiki sistem kendalinya. Dengan demikian peranan GPS amatlah besar, untuk membimbing peluru kendali agar dengan akurat sampai ke sasaran tembak.Peluru kendali jenis terbaru AS dipasangi peralatan sensor GPS, sehingga arahnya bisa diubah di tengah jalan. Juga dengan memanfaatkan GPS, berbagai hambatan, seperti kabut, badai pasir, iklim buruk, tabir api serta faktor lain bisa diabaikan. Sebenarnya GPS adalah sistem navigasi militer Amerika Serikat yang dipandu satelit dari luar angkasa. Jaringan satelitnya mencakup seluruh permukaan Bumi. Prinsipnya adalah menentukan sebuah lokasi dengan ketepatan tinggi. Prinsip ini serupa dengan metode lama “triangulasi”, dimana posisi sebuah titik ditentukan dengan menarik tiga garis. Hanya saja kini garis itu ditarik dari luar angkasa menggunakan pencitraan satelit.

Salah satu rudal cerdas itu, dan yang paling baru, adalah Storm Shadow. Caranya menuju sasaran mirip rudal Tomahawk, tapi ini rudal khusus yang dirancang untuk menghancurkan target keras seperti bungker dengan cara revolusioner.Rudal yang sebijinya US $ 1,1 juta itu menggunakan sistem multi-”hulu ledak”, hingga dapat menjebol beton yang diperkeras yang tebalnya dua kali dari yang dapat dilakukan peledak bungker lain.Storm Shadow terbang menuju sasaran menggunakan dua pemandu: satelit GPS dan Terprom. GPS digunakan untuk memandu rudal menuju sasaran, sementara Terprom dipakai untuk mempertahankan ketinggian terbang rudal yang harus sangat rendah, hingga tak terdeteksi radar pertahanan musuh. Terprom memungkinkan rudal terbang mengikuti kontur permukaan pada ketinggian 30 m.Betapapun, yang mengerikan dari bom-bom itu adalah buruknya kualitas data target yang diprogram ke dalamnya. Pada perang 1991, dua bom laser menghantam sebuah perlindungan militer di Amariya, distrik di Bagdad, membunuh 400 laki-laki, perempuan, dan anak-anak. Pada 1999, di Kosovo, kedutaan besar Cina di Belgrade telah diledakkan dengan JDAM, membunuh 3 orang. Konon, kedua kasus salah sasaran itu karena peta yang dipakai masih veris lama.
Peluncuran Rudal :
1. Rudal dilepaskan ±400 km dari sasaran
2. Rudal menukik ke ketinggian 30 m dari permukaan untuk menghindari deteksi radar musuh
3. Di dekat sasaran, rudal naik ke ketinggian. Rudal kemudian melepaskan penutup moncongnya, hingga memungkinkan sensor inframerah memindai target
4. Menghancurkan bungker Storm Shadow menggunakan sistem senjata yang disebut Bomb Rodal Ordinance Augmenting Charge (BROACH). Sederhananya, ini bom yang meledak beberapa kali. Fase pertama ditujukan untuk mendekati sasaran dengan menghancurkan pelindungnya, fase terakhir untuk menghabisi sasaran yang sesungguhnya.

Berikut adalah bagaimana cara Storm Shadow meledak :
1. Sensor inframerah mendeteksi sasaran
2. Ledakan pertama membersihkan tanah dan penutup di atas beton bungker. Ledakan berikutnya yang terarah melontarkan logam panas hingga kedalam 6 meter, menembus atap beton bunker
3. Bom penghancur bunker masuk ke dalam komplek bungker
4. Bom meledak di dalam bungker

 

 
   

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=21&ved=0CCgQFjAAOBQ&url=http%3A%2F%2Felearning.upnjatim.ac.id%2Fcourses%2FFPB8001%2Fwork%2F4e112bab7eaefHerfiant_Tristianto_-_1034010025.doc&ei=Mw4ZU_XzKs6jkQecl4GYDg&usg=AFQjCNFykTvYg4jEnXQQN7ONZ8TLG2ESug&sig2=9TWWrJ19dacyVaynWSgMQQ&bvm=bv.62578216,d.eW0

 

 

 

 

Kecerdasan Buatan dalam bidang “Pendidikan”

Diera yang sudah canggih ini semakin banyak aplikasi kecerdasan buatan yang ada pada dunia pendidikan. Misalnya saja seperti Perangkat lunak atau software pendidikan Sains dan Matematika dari PT Pesona Edukasi yang murni buah karya anak bangsa mampu menembus pasar global. Bahkan, PT Pesona Edukasi terpilih menjadi satu dari sembilan partner tingkat dunia Microsoft untuk mengisi materi teknologi baru microsoft dalam bidang pendidikan MultiPoint Pause.

Teknologi Windows MultiPoint Mouse adalah rekayasa pemrograman komputer yang memungkinkan satu layar komputer dapat diakses sampai lebih dari 30 mouse sekaligus. Satu komputer dapat digunakan oleh 30 anak dalam satu kelas dengan masing-masing anak menggunakan mouse sendiri-sendiri untuk menjalankan aplikasi secara bersama-sama.

Manfaat dari penggunaan teknologi ini adalah memberi kesempatan anak untuk berkolaborasi dalam menjalankan satu program atau berkompetisi antara satu dan yang lain. perangat lunak Amazing Concert, yakni sebuah aplikasi perangat lunak pendidikan untuk bermain musik bersama. Selain itu, ada juga DigiCarnival, yakni perangat lunak belajar Matematika dengan topik mengurutkan angka, dan Monkey Rescue untuk belajar bahasa dan pengetahuan umum yang dikemas seperti permainanHangman.

Managing Director PT Pesona Edukasi, berharap, melalui perangat lunak ini, anak-anak di seluruh dunia, termasuk anak-anak Indonesia, dapat menikmati kegembiraan dalam kebersamaan. Dengan begitu, melalui seni dan teknologi, anak-anak dapat belajar hidup bersama dan saling mencintai. “Peluncuran perangat lunak bersama Microsoft ini menunjukkan bahwa Indonesia mampu berkiprah dalam sektor pendidikan di dunia internasional sebagai  negara pengembang perangkat lunak pendidikan kelas dunia.

Pada tahun ini, PT Pesona Edukasi yang menciptkan perangat lunak Fisika, Matematika, dan Sains sejak tahun 2001 berhasil menembus pasar Eropa. Sekolah-sekolah di Belanda akan menggunakan perangat lunak anak bangsa. Keberhasilan perangat lunak pendidikan Indonesia menembus mancanegara ini hadir sekitar lima tahun lalu

http://kamila-januar.blogspot.com/2012/03/kecerdasan-buatan.html

 

 

 

 

 

 

 

Kecerdasan buatan dalam bidang “Ekonomi dan Bisnis”

Contoh aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang ekonomi dan bisnis yang ingin saya jabarkan di sini adalah aplikasi akuntansi yang bernama Krishang General Ledger versi 4.0. Krishand GL 4.0 merupakan software akuntansi versi terbaru keluaran dari Krishand Software yang merupakan lanjutan dari versi 3.0 yang telah diminati banyak pelanggan karena kehandalannya. Krishand GL telah dikembangkan sejak tahun 2000 dan telah digunakan oleh 400-an perusahaan hingga saat ini. Didukung dengan Team Support dan Team Pengembang Software yang selalu ingin memberikan yang terbaik bagi pelanggannya. Sesuai dengan standar mutu Krishand Software yaitu merancang sebuah sistem aplikasi yang sederhana, handal dan mudah dioperasikan. Krishand GL 4.0 juga dirancang agar mudah dipelajari dan dioperasikan namun lengkap dengan fitur-fitur yang mampu memudahkan pekerjaan Anda dengan harga kompetitif.

Fitur-fitur standar pada aplikasi Krishand GL :

·         Berbasis Windows.

·         Multi user, sederhana, dan mudah digunakan.

·         Multi cabang, multi currency, multi cost center dan user defined key analysis

·         Dapat digunakan oleh semua jenis usaha.

·         No. Perkiraan dapat disetup sendiri oleh user dengan maksimum 12 karakter.

·         Dapat menginput jurnal untuk periode yang akan datang tanpa harus menutup periode yang sedang berjalan.

·         Bisa mencatat nilai mata uang asing dan pembuatan jurnal selisih kurs secara otomatis

·         Proses posting dan unposting dapat dilakukan setiap saat. Proses unposting dilakukan jika ingin koreksi jurnal periode yang telah ditutup.

·         Buku Besar dan Neraca Saldo dapat dilihat setiap saat tanpa perlu proses posting.

·         Nilai debet/kredit mencapai 99.999.999.999.999.

·         Dapat mengedit transaksi jurnal tahun sebelumnya dan fasilitas pindah saldo.

·         Penomoran bukti jurnal secara otomatis dan fungsi penyusunan ulang nomor bukti jurnal.

·         Format tampilan laporan keuangan dapat disetup sendiri oleh user sehingga Anda dapat menghasilkan laporan keuangan yang tampilannya berbeda untuk beberapa pihak yang berbeda kepentingan.

·         Custom report formatting untuk berbagai macam laporan anlisa sesuai dengan kebutuhan Anda.

·         Laporan dapat diekspor ke Microsoft Excel.

Dan fitur-fitur terbaru yang diberikan aplikasi Krishand GL 4.0 sekarang adalah :

  • Pilihan jumlah periode pembukuan antara 12 atau 13 periode.
  • Tampilan datasheet (kolom dan baris) dalam input jurnal.
  • Anda dapat membuat sendiri parameter pengelompokan dan pengikhtisaran jurnal secara bebas (user defined keys).
  • Jurnal dapat dikunci (lock) tanpa menunggu proses posting.
  • Membandingkan saldo neraca dan laba rugi per periode untuk tahun berjalan dengan tahun lalu.

Sampai sekarang belum ditemukan titik kelemahan daripada aplikasi Krishand G 4.0 ini karena versi 4.0 ini merupakan keluaran terbaru dan kemampuannya pun sudah dipastikan lebih baik daripada sebelumnya.

 

Sumber :

http://www.softwareakunting.com/blog/2011/08/10/software-akuntansi-paling-handal-saat-ini/

http://www.krishand.com/software-akuntansi-indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kecerdasan buatan dalam bidang “Agronomi dan Pertanian”

Contoh aplikasi yang ingin saya jabarkan di sini sebagai contoh aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang agronomi dan pertanian adalah aplikasi Sistem Pakar Budidaya Padi. SIPADI (Sistem Pakar Budidaya Padi) merupakan software (perangkat lunak) dalam bentuk kuisioner Ms Excel yang bermanfaat sebagai analisis budidaya tanaman padi. Sistem pakar ini walaupun masih harus disempurnakan, namun luar biasa lengkap dari teknik budidaya hingga analisis biaya. Sistem pakar ini sangat berguna sekali bagi yang terjun ke dunia pertanian terutama yang berkaitan dengan budidaya tanaman padi.

Pengertian sistem pakar itu sendiri merupakan sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang pakar. Dengan sistem pakar ini, orang awam pun dapat menyelesaikan masalahnya atau hanya sekedar mencari suatu informasi berkualitas yang sebenarnya hanya dapat diperoleh dengan bantuan para ahli di bidangnya. Sistem pakar ini juga akan dapat membantu aktivitas para pakar sebagai asisten yang berpengalaman dan mempunyai asisten yang berpengalaman dan mempunyai pengetahuan yang dibutuhkan. Dalam penyusunannya, sistem pakar mengkombinasikan kaidah-kaidah penarikan kesimpulan (inference rules) dengan basis pengetahuan tertentu yang diberikan oleh satu atau lebih pakar dalam bidang tertentu. Kombinasi dari kedua hal tersebut disimpan dalam komputer, yang selanjutnya digunakan dalam proses pengambilan keputusan untuk penyelesaian masalah tertentu.

Oleh sebab itu, dengan adanya Sistem Pakar Budi daya Padi ini pun memiliki manfaat seperti memberi kemudahan bagi user untuk mendapatkan pengetahuan serta informasi apa saja yang diperlukan mengenai teknik maupun biaya yang di inginkan dalam melakukan budidaya padi. Disamping itu, dengan aplikasi sistem pakar user selain diberi kemudahan juga dapat meghemat waktu dalam pengambilan keputusan.

Tapi tidak sepenuhnya sistem pakar hanya memberikan manfaat kepada user. Sistem pakar itu sendiripun memiliki kelemahan pula yaitu biaya yang diperlukan untuk membuat serta memeliharanya sangat mahal, sulit dikembangkan dikarenakan dengan ketersediaan pakar di bidangnya serta sistem pakar sendiripun tidak memiliki nilai yang 100% benar.

 

Sumber :

http://www.agroinformatika.net/2011/11/si-padi-sistem-pakar-budidaya-padi.html

http://www.agroinformatika.net/2011/11/sistem-pakar-adalah-sistem-yang.html

 

 

 

 

 

Kecerdasan buatan dalam bidang “Teknik dan Rekayasa”

Contoh aplikasi yang ingin saya jadikan sebagai contoh aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang teknik dan rekayasa adalah AdOptik5. AdOptik5 merupakan contoh dari aplikasi optik. Aplikasi optik sendiri berdasar pada fokus ilmu dari bidang studi rekayasa optik. Ahli rekayasa optik mendesain komponen dari instrumen optik seperti lensa, mikroskop, teleskop, dan peralatan lainnya yang mendukung sifat cahaya. Peralatan lain meliputi sensor optik dan sistem pengukuran, laser, sistem komunikasi fiber optik, sistem cakram optik (CD, DVD, dll), dan sebagainya. Berikut saya akan menjabarkan sedikit tentang aplikasi ini.

AdOptik5 adalah perangkat lunak yang mengolah dan menampilkan serta memberikan informasi penting untuk usaha Optik secara real-time dan Multi-User. Dengan AdOptik yang dirancang dengan memperhatikan keakuratan data dan kemudahan pemakaian, kami dapat memastikan bahwa anda akan menerima data yang anda perlukan secara real-time dan mudah pemakaiannya. AdOptik juga menampilkan laporan untuk membantu Anda dalam membuat berbagai keputusan yang berhubungan dengan Customer. Sebab AdOptik menyediakan History Customer dan ukuran Kacamata Customer.

Fitur-fitur yang disediakan pada aplikasi ini adalah :

1.      Pembelian

2.      Retur Pembelian

3.      Pelunasan Hutang

4.      Pencairan Giro Keluar

5.      Penjualan

6.      Retur Penjualan

7.      Pembayaran Piutang

8.      Pencairan Giro Masuk

9.      Kas – Bank

10.  Biaya

11.  Laporan Customer dan Supplier

12.  Laporan Stock ( Kartu Stock dan Stock Aktof/ Pasif)

13.  Laporan Pembelian

14.  Laporan Penjualan

15.  Laporan Kas – Bank

16.  Laporan Biaya

17.  Label BarCode untuk barang dan Customer

Tentunya dengan kelengkapan fitur yang disediakan membuat aplikasi ini memberi kemudahan bagi operator optik juga pelanggannya. Terutama bagi pelanggan karena mereka bisa langsung menerima konfirmasi langsung dari operator optik mengenai laporan optiknya

 

http://arumdwihapsari.blogspot.com/2012/03/contoh-aplikasi-ai-dalam-beberapa.html

 

 

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: