Tugas Denny Trias Weblog

Kerjakan dengan sungguh-sungguh, bagikan ilmu dengan ikhlas, nanti Allah akan menambahkan keberkahan

Tugas kecerdasan buatan (AI) Oleh Eko Supriyadi E32120325 TKK A/4

ARTIFICIAL INTELEGENT (AI)
Eko Supriyadi
E32120325
Tkk A/4

Sejarah AI

Di awal abad 20, seorang penemu Spanyol, Torres y Quevedo, membuat sebuah mesin yang dapat men’skak-mat’ raja lawannya dengan sebuah ratu dan raja. Perkembangan secara sistematis kemudian dimulai segera setelah diketemukannya komputer digital. Artikel ilmiah pertama tentang Kecerdasan Buatan ditulis oleh Alan Turing pada tahun 1950, dan kelompok riset pertama dibentuk tahun 1954 di Carnegie Mellon University oleh Allen Newell and Herbert Simon. Namun bidang Kecerdasan Buatan baru dianggap sebagai bidang tersendiri di konferensi Dartmouth tahun 1956, di mana 10 peneliti muda memimpikan mempergunakan komputer untuk memodelkan bagaimana cara berfikir manusia. Hipotesis mereka adalah: “Mekanisme berfikir manusia dapat secara tepat dimodelkan dan disimulasikan pada komputer digital”, dan ini yang menjadi landasan dasar Kecerdasan Buatan.

Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) secara definisi merupakan kecerdasan entitas ilmiah yang umumnya berkaitan dengan komputer. Kecerdasan dirancang sebagai bagian dari komputer yang berfungsi untuk melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan oleh manusia.

1. Dalam bidang pertahanan dan keamanan

Dalam bidang pertahan dan keamanan AI dapat digunakan untuk melakukan pendeteksian terhadap ancaman yang datang dapat berupa serangan udara, darat maupun laut. Dengan bantuan AI memungkinkan manusia untuk mendapatkan pemetaan dari serangan-serangan yang masuk, mencari tahu siapa yang melakukan serangan, membuat peta kekuatan serangan, dan menganalisis bagaimana mengatasi serangan-serangan tersebut. Contoh lebih spesifik penggunaan AI dalam bidang pertahanan dan keamanan adalah AI dapat digunakan untuk mendeteksi serangan peluru kendali, menganalisis jenis peluru kendali, berasal dari manakah peluru kendali tersebut, seberapa besar daya ledak peluru kendali tersebut dan menganalisis bagaimana cara mengatasi peluru kendali tersebut

2. Aplikasi Kecerdasan Buatan Dalam Bidang Ekonomi dan Bisnis

Contoh aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang ekonomi dan bisnis yang ingin saya jabarkan di sini adalah aplikasi akuntansi yang bernama Krishang General Ledger versi 4.0. Krishand GL 4.0 merupakan software akuntansi versi terbaru keluaran dari Krishand Software yang merupakan lanjutan dari versi 3.0 yang telah diminati banyak pelanggan karena kehandalannya. Krishand GL telah dikembangkan sejak tahun 2000 dan telah digunakan oleh 400-an perusahaan hingga saat ini. Didukung dengan Team Support dan Team Pengembang Software yang selalu ingin memberikan yang terbaik bagi pelanggannya. Sesuai dengan standar mutu Krishand Software yaitu merancang sebuah sistem aplikasi yang sederhana, handal dan mudah dioperasikan. Krishand GL 4.0 juga dirancang agar mudah dipelajari dan dioperasikan namun lengkap dengan fitur-fitur yang mampu memudahkan pekerjaan Anda dengan harga kompetitif.

Fitur-fitur standar pada aplikasi Krishand GL :
a. Berbasis Windows.
b. Multi user, sederhana, dan mudah digunakan
c. Multi cabang, multi currency, multi cost center dan user defined key analysis
d. Dapat digunakan oleh semua jenis usaha.
e. No. Perkiraan dapat disetup sendiri oleh user dengan maksimum 12 karakter.
f. Dapat menginput jurnal untuk periode yang akan datang tanpa harus menutup periode yang sedang berjalan.
g. Bisa mencatat nilai mata uang asing dan pembuatan jurnal selisih kurs secara otomatis
h. Proses posting dan unposting dapat dilakukan setiap saat. Proses unposting dilakukan jika ingin koreksi jurnal periode yang telah ditutup.
i. Buku Besar dan Neraca Saldo dapat dilihat setiap saat tanpa perlu proses posting.
j. Nilai debet/kredit mencapai 99.999.999.999.999.
k. Dapat mengedit transaksi jurnal tahun sebelumnya dan fasilitas pindah saldo.
l. Penomoran bukti jurnal secara otomatis dan fungsi penyusunan ulang nomor bukti jurnal.
m. Format tampilan laporan keuangan dapat disetup sendiri oleh user sehingga Anda dapat menghasilkan laporan keuangan yang tampilannya berbeda untuk beberapa pihak yang berbeda kepentingan.
n. Custom report formatting untuk berbagai macam laporan anlisa sesuai dengan kebutuhan Anda.
o. Laporan dapat diekspor ke Microsoft Excel

3. Aplikasi Kecerdasan Buatan Dalam Bidang Pendidikan

Aplikasi yang ingin saya jelaskan sebagai contoh aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang pendidikan di sini adalah game edukasi Bookworm Deluxe. Game edukasi merupakan media pembelajaran yang dibuat dalam bentuk permainan. Game Bookwarm Deluxe ini merupakan permainan mencari kata dalam bahasa inggris dengan menghubungkan huruf-huruf yang telah diacak menjadi sebuah kata. Semakin panjang kata yang ditemukan maka semakin besar nilai yang akan diperoleh begitu pula sebaliknya jika kata yang ditemukan kecil maka nilainya pun kecil. Permainan mencari kata ini sangat baik dimainkan disamping mendapat hiburan melepas kejenuhan, dengan bermain mencari kata ini kita dapat menambah kosakata kita dalam bahasa inggris. Jadi, disamping bermain kita pun dapat sambil belajar. Melatih kemampuan otak kita secara aktif, memaksa otak dalam membuat keputusan dan memberikan tantangan. Hal ini pun dapat membantu bagi anak yang malas membaca kamus bahasa inggris dalam memperbanyak kosakata bahasa inggrisnya. Yang menjadikan game edukasi ini lebih menyenangkan adalah dengan tampilannya yang lebih menarik dibandingkan dengan tampilan kamus. Warna-warnanya yang menarik dengan gambar ulat yang mengenakan kacamata dan dasi merahnya sebagai ikon dari game tersebut pastinya membuat anak lebih bersemangat.
Pada game bookworm inipun disebutkan pula kekurangannya bahwa penilaiannya (scoring) masih tidak jelas dan akan sangat monoton jika dimainkan terus menerus. Tidak hanya itu, bermain game pun bisa berdampak tidak baik buat anak, bagaimanapun anak-anak tidak baik jika lebih banyak waktunya digunakan untuk berada di depan layar monitor mereka untuk memainkan game ini, dikarenakan kebiasaan anak lebih sering lupa waktu kalau sudah seperti itu. Selain mata sebagai ancaman kesehatan, juga waktu yang dipergunakanpun menjadi tidak optimal sehingga berakibat segala aktivitas anak lainnya menjadi tidak teratur. Oleh sebab itu, dianjurkan sebaiknya walaupun game ini baik untuk pembelajaran anak, orang tuapun harus tetap mengontrol waktu si anak agar segalanya tetap berjalan dengan baik dan teratur sehingga fungsi daripada game edukasi ini tidak berbalik menjadi hal yang negatif pada anak.

4. Aplikasi Kecerdasan Buatan Dalam Bidang Agronomi dan Pertanian

Contoh aplikasi yang ingin saya jabarkan di sini sebagai contoh aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang agronomi dan pertanian adalah aplikasi Sistem Pakar Budidaya Padi. SIPADI (Sistem Pakar Budidaya Padi) merupakan software (perangkat lunak) dalam bentuk kuisioner Ms Excel yang bermanfaat sebagai analisis budidaya tanaman padi. Sistem pakar ini walaupun masih harus disempurnakan, namun luar biasa lengkap dari teknik budidaya hingga analisis biaya. Sistem pakar ini sangat berguna sekali bagi yang terjun ke dunia pertanian terutama yang berkaitan dengan budidaya tanaman padi.
Pengertian sistem pakar itu sendiri merupakan sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang pakar. Dengan sistem pakar ini, orang awam pun dapat menyelesaikan masalahnya atau hanya sekedar mencari suatu informasi berkualitas yang sebenarnya hanya dapat diperoleh dengan bantuan para ahli di bidangnya. Sistem pakar ini juga akan dapat membantu aktivitas para pakar sebagai asisten yang berpengalaman dan mempunyai asisten yang berpengalaman dan mempunyai pengetahuan yang dibutuhkan. Dalam penyusunannya, sistem pakar mengkombinasikan kaidah-kaidah penarikan kesimpulan (inference rules) dengan basis pengetahuan tertentu yang diberikan oleh satu atau lebih pakar dalam bidang tertentu. Kombinasi dari kedua hal tersebut disimpan dalam komputer, yang selanjutnya digunakan dalam proses pengambilan keputusan untuk penyelesaian masalah tertentu.
Oleh sebab itu, dengan adanya Sistem Pakar Budidaya Padi ini pun memiliki manfaat seperti memberi kemudahan bagi user untuk mendapatkan pengetahuan serta informasi apa saja yang diperlukan mengenai teknik maupun biaya yang di inginkan dalam melakukan budidaya padi. Disamping itu, dengan aplikasi sistem pakar user selain diberi kemudahan juga dapat meghemat waktu dalam pengambilan keputusan.
Tapi tidak sepenuhnya sistem pakar hanya memberikan manfaat kepada user. Sistem pakar itu sendiripun memiliki kelemahan pula yaitu biaya yang diperlukan untuk membuat serta memeliharanya sangat mahal, sulit dikembangkan dikarenakan dengan ketersediaan pakar di bidangnya serta sistem pakar sendiripun tidak memiliki nilai yang 100% benar.

5. Aplikasi Kecerdasan Buatan Dalam Bidang Teknik dan Rekayasa

Contoh aplikasi yang ingin saya jadikan sebagai contoh aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang teknik dan rekayasa adalah AdOptik5. AdOptik5 merupakan contoh dari aplikasi optik. Aplikasi optik sendiri berdasar pada fokus ilmu dari bidang studi rekayasa optik. Ahli rekayasa optik mendesain komponen dari instrumen optik seperti lensa, mikroskop, teleskop, dan peralatan lainnya yang mendukung sifat cahaya. Peralatan lain meliputi sensor optik dan sistem pengukuran, laser, sistem komunikasi fiber optik, sistem cakram optik (CD, DVD, dll), dan sebagainya. Berikut saya akan menjabarkan sedikit tentang aplikasi ini.
AdOptik5 adalah perangkat lunak yang mengolah dan menampilkan serta memberikan informasi penting untuk usaha Optik secara real-time dan Multi-User. Dengan AdOptik yang dirancang dengan memperhatikan keakuratan data dan kemudahan pemakaian, kami dapat memastikan bahwa anda akan menerima data yang anda perlukan secara real-time dan mudah pemakaiannya. AdOptik juga menampilkan laporan untuk membantu Anda dalam membuat berbagai keputusan yang berhubungan dengan Customer. Sebab AdOptik menyediakan History Customer dan ukuran Kacamata Customer.
Fitur-fitur yang disediakan pada aplikasi ini adalah :
1. Pembelian
2. Retur Pembelian
3. Pelunasan Hutang
4. Pencairan Giro Keluar
5. Penjualan
6. Retur Penjualan
7. Pembayaran Piutang
8. Pencairan Giro Masuk
9. Kas – Bank
10. Biaya
11. Laporan Customer dan Supplier
12. Laporan Stock ( Kartu Stock dan Stock Aktof/ Pasif)
13. Laporan Pembelian
14. Laporan Penjualan
15. Laporan Kas – Bank
16. Laporan Biaya
17. Label BarCode untuk barang dan Customer

Tentunya dengan kelengkapan fitur yang disediakan membuat aplikasi ini memberi kemudahan bagi operator optik juga pelanggannya. Terutama bagi pelanggan karena mereka bisa langsung menerima konfirmasi langsung dari operator optik mengenai laporan optiknya.

Sumber : http://mabruryhasan.blogspot.com/2009/11/kecerdasan-buatan-1.html
http://arumdwihapsari.blogspot.com/2012/03/contoh-aplikasi-ai-dalam-beberapa.html
http://gotaufikblog.blogspot.com/2012/12/rekayasa-kecerdasan-buatan-artificial.html

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: