Tugas Denny Trias Weblog

Kerjakan dengan sungguh-sungguh, bagikan ilmu dengan ikhlas, nanti Allah akan menambahkan keberkahan

Tugas kecerdasan buatan(AI)Marga Rizkia R TKK C semester 4

Nama :Marga Rizkia Rahman
Nim :E32121026
Prodi :TKK

Tugas Kecerdasan Buatan
1.Kecerdaan buatan di bidang pertahanan dan keamanan
Contoh jelas adalah deteksi tentara musuh atau kendaraan dan bimbingan rudal. Lebihsistem canggih untuk panduan mengirim rudal rudal ke daerah daripada target yang spesifik,dan pemilihan target yang dibuat ketika rudal mencapai daerah berdasarkan data citradiperoleh secara lokal. konsep modern militer, seperti “kesadaran medan perang”,menunjukkan bahwa berbagai sensor, termasuk sensor gambar, menyediakan kaya seting formasi tentang adegan tempur yang dapat digunakan untuk mendukung keputusanstrategis. Dalam hal ini, pengolahan otomatis data yang digunakan untuk mengurangikompleksitas dan informasi sekering dari sensor ganda untuk meningkatkan keandalan.
Bidang Didalam kendaraan Otonom.
kendaraan otonom, yang meliputi submersibles, kendaraan darat (robot kecil denganroda, mobil atau truk), kendaraan udara, dan kendaraan udara tak berawak (UAV). Tingkatberkisar otonomi dari sepenuhnya otonom (berawak) kendaraan untuk kendaraan di manasistem visi berbasis komputer mendukung driver atau pilot dalam berbagai situasi.Sepenuhnya otonom kendaraan biasanya menggunakan visi komputer untuk navigasi, yakniuntuk mengetahui mana itu, atau untuk menghasilkan peta lingkungan (SLAM) dan untuk mendeteksi rintangan. Hal ini juga dapat digunakan untuk mendeteksi peristiwa-peristiwatugas tertentu yang spesifik, sebuah UAV mencari kebakaran hutan. Contoh sistempendukung sistem peringatan hambatan dalam mobil, dan sistem untuk pendaratan pesawatotonom. Beberapa produsen mobil telah menunjukkan sistem otonomi mengemudi mobil,tapi teknologi ini masih belum mencapai tingkat di mana dapat diletakkan di pasar. Adabanyak contoh kendaraan otonom militer mulai dari rudal maju, untuk UAV untuk misipengintaian atau bimbingan rudal. Ruang eksplorasi sudah dibuat dengan kendaraan otonommenggunakan visi komputer, NASA Mars Exploration Rover dan Rover ExoMars ESA.

2.Kecerdasan buatan di bidang ekonomi dan bisnis
Contoh aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang ekonomi dan bisnis adalah aplikasi akuntansi yang bernama Krishang General Ledger versi 4.0. Krishand GL 4.0 merupakan software akuntansi versi terbaru keluaran dari Krishand Software yang merupakan lanjutan dari versi 3.0 yang telah diminati banyak pelanggan karena kehandalannya. Krishand GL telah dikembangkan sejak tahun 2000 dan telah digunakan oleh 400-an perusahaan hingga saat ini. Didukung dengan Team Support dan Team Pengembang Software yang selalu ingin memberikan yang terbaik bagi pelanggannya. Sesuai dengan standar mutu Krishand Software yaitu merancang sebuah sistem aplikasi yang sederhana, handal dan mudah dioperasikan. Krishand GL 4.0 juga dirancang agar mudah dipelajari dan dioperasikan namun lengkap dengan fitur-fitur yang mampu memudahkan pekerjaan Anda dengan harga kompetitif.

Fitur-fitur standar pada aplikasi Krishand GL :
• Berbasis Windows.
• Multi user, sederhana, dan mudah digunakan.
• Multi cabang, multi currency, multi cost center dan user defined key analysis
• Dapat digunakan oleh semua jenis usaha.
• No. Perkiraan dapat disetup sendiri oleh user dengan maksimum 12 karakter.
• Dapat menginput jurnal untuk periode yang akan datang tanpa harus menutup periode yang sedang berjalan.
• Bisa mencatat nilai mata uang asing dan pembuatan jurnal selisih kurs secara otomatis
• Proses posting dan unposting dapat dilakukan setiap saat. Proses unposting dilakukan jika ingin koreksi jurnal periode yang telah ditutup.
• Buku Besar dan Neraca Saldo dapat dilihat setiap saat tanpa perlu proses posting.
• Nilai debet/kredit mencapai 99.999.999.999.999.
• Dapat mengedit transaksi jurnal tahun sebelumnya dan fasilitas pindah saldo.
• Penomoran bukti jurnal secara otomatis dan fungsi penyusunan ulang nomor bukti jurnal.
• Format tampilan laporan keuangan dapat disetup sendiri oleh user sehingga Anda dapat menghasilkan laporan keuangan yang tampilannya berbeda untuk beberapa pihak yang berbeda kepentingan.
• Custom report formatting untuk berbagai macam laporan anlisa sesuai dengan kebutuhan Anda.
• Laporan dapat diekspor ke Microsoft Excel.

Dan fitur-fitur terbaru yang diberikan aplikasi Krishand GL 4.0 sekarang adalah :
§ Pilihan jumlah periode pembukuan antara 12 atau 13 periode.
§ Tampilan datasheet (kolom dan baris) dalam input jurnal.
§ Anda dapat membuat sendiri parameter pengelompokan dan pengikhtisaran jurnal secara bebas (user defined keys).
§ Jurnal dapat dikunci (lock) tanpa menunggu proses posting.
§ Membandingkan saldo neraca dan laba rugi per periode untuk tahun berjalan dengan tahun lalu.
Sampai sekarang belum ditemukan titik kelemahan daripada aplikasi Krishand G 4.0 ini karena versi 4.0 ini merupakan keluaran terbaru dan kemampuannya pun sudah dipastikan lebih baik daripada sebelumnya.

Sumber :
http://www.softwareakunting.com/blog/2011/08/10/software-akuntansi-paling-handal-saat-ini/
http://www.krishand.com/software-akuntansi-indonesia
3. Kecerdasan buatan di bidang Pendidikan
aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang pendidikan di sini adalah game edukasi Bookworm Deluxe. Game edukasi merupakan media pembelajaran yang dibuat dalam bentuk permainan. Game Bookwarm Deluxe ini merupakan permainan mencari kata dalam bahasa inggris dengan menghubungkan huruf-huruf yang telah diacak menjadi sebuah kata. Semakin panjang kata yang ditemukan maka semakin besar nilai yang akan diperoleh begitu pula sebaliknya jika kata yang ditemukan kecil maka nilainya pun kecil. Permainan mencari kata ini sangat baik dimainkan disamping mendapat hiburan melepas kejenuhan, dengan bermain mencari kata ini kita dapat menambah kosakata kita dalam bahasa inggris. Jadi, disamping bermain kita pun dapat sambil belajar. Melatih kemampuan otak kita secara aktif, memaksa otak dalam membuat keputusan dan memberikan tantangan. Hal ini pun dapat membantu bagi anak yang malas membaca kamus bahasa inggris dalam memperbanyak kosakata bahasa inggrisnya. Yang menjadikan game edukasi ini lebih menyenangkan adalah dengan tampilannya yang lebih menarik dibandingkan dengan tampilan kamus. Warna-warnanya yang menarik dengan gambar ulat yang mengenakan kacamata dan dasi merahnya sebagai ikon dari game tersebut pastinya membuat anak lebih bersemangat.
Pada game bookworm ini pun disebutkan pula kekurangannya bahwa penilaiannya (scoring) masih tidak jelas dan akan sangat monoton jika dimainkan terus menerus. Tidak hanya itu, bermain game pun bisa berdampak tidak baik buat anak, bagaimanapun anak-anak tidak baik jika lebih banyak waktunya digunakan untuk berada di depan layar monitor mereka untuk memainkan game ini, dikarenakan kebiasaan anak lebih sering lupa waktu kalau sudah seperti itu. Selain mata sebagai ancaman kesehatan, juga waktu yang dipergunakanpun menjadi tidak optimal sehingga berakibat segala aktivitas anak lainnya menjadi tidak teratur. Oleh sebab itu, dianjurkan sebaiknya walaupun game ini baik untuk pembelajaran anak, orang tuapun harus tetap mengontrol waktu si anak agar segalanya tetap berjalan dengan baik dan teratur sehingga fungsi daripada game edukasi ini tidak berbalik menjadi hal yang negatif pada anak.

Sumber :
http://www.download-free-games.com/word_game_download/bookworm.htm

4.Kecerdasan buatan di bidang Pendidikan
Pertanian adalah usaha untuk mencapai nilai maksimum dengan mengelolah factor tanaman dan lingkungan agronomi. Saat ini dalam bidang pertanian khususnya di Indonesia sudah banyak aplikasi yang bermunculan dari aplikasi diagnose penyakit padi, kopi, the dll. Aplikasi curah hujan, aplikasi pengolahan tanaman dengan kadar yang telah ditentukan dari aplikasi tersebut. Dsb.
Beberapa aplikasi yang penulis ketahui untuk aplikasi di bidang pertanian yakni
1. Controlled Ecological Life-Support System (CELSS) dapat dibangun untuk mencari dan mendapatkan kemungkinan fotosintesis tertinggi yang dapat dihasilkan berdasarkan computer- driven manipulationdari variable lingkungan tersebut. Tanaman dapat dipertahankan dalam kondisi yang optimal menggunakan pengaturan dan pengawasan secara hidroponik sehingga penggunaan sumberdaya untuk pengukuran dan eksperimen, hasil panen per sumber daya yang dihasilkan dapat diidentifikasi untuk mendapatkan hasil yang seimbang antara biaya dan hasil panen.
1. Sketch Up merupakan apalikasi computer yang digunakan untuk membuat gambar tiga dimensi. Secara tehnis aplikasi Sketch Up sangat dibutuhkan dalam dunia pertanian, terutama dalam pembuatan perencanaan yang akan dijalankan dalam usaha dibidang peertanian. Aplikasi Sketch Up dapat dimanfaatkan dalam mendesain pemetakan lahan (lahan perkebunan, lahan sawah, tambak ikan dll), mendesain bangunan irigasi, mendesain pembuatan greend house, pembuatan screen house, mendesain perencanaan pembangunan infrastruktur pertanian dll. Aplikasi Sketch Up sangat membantu seseorang dalam hal merencanakan pembuatan/pembangunan sarana di bidang pertanian.
5. Kecerdasan buatan di bidang teknik dan rekayasa
Contoh aplikasi yang ingin saya jadikan sebagai contoh aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang teknik dan rekayasa adalah AdOptik5. AdOptik5 merupakan contoh dari aplikasi optik. Aplikasi optik sendiri berdasar pada fokus ilmu dari bidang studi rekayasa optik. Ahli rekayasa optik mendesain komponen dari instrumen optik seperti lensa, mikroskop, teleskop, dan peralatan lainnya yang mendukung sifat cahaya. Peralatan lain meliputi sensor optik dan sistem pengukuran, laser, sistem komunikasi fiber optik, sistem cakram optik (CD, DVD, dll), dan sebagainya. Berikut saya akan menjabarkan sedikit tentang aplikasi ini.
AdOptik5 adalah perangkat lunak yang mengolah dan menampilkan serta memberikan informasi penting untuk usaha Optik secara real-time dan Multi-User. Dengan AdOptik yang dirancang dengan memperhatikan keakuratan data dan kemudahan pemakaian, kami dapat memastikan bahwa anda akan menerima data yang anda perlukan secara real-time dan mudah pemakaiannya. AdOptik juga menampilkan laporan untuk membantu Anda dalam membuat berbagai keputusan yang berhubungan dengan Customer. Sebab AdOptik menyediakan History Customer dan ukuran Kacamata Customer.
Fitur-fitur yang disediakan pada aplikasi ini adalah :
1. Pembelian
2. Retur Pembelian
3. Pelunasan Hutang
4. Pencairan Giro Keluar
5. Penjualan
6. Retur Penjualan
7. Pembayaran Piutang
8. Pencairan Giro Masuk
9. Kas – Bank
10. Biaya
11. Laporan Customer dan Supplier
12. Laporan Stock ( Kartu Stock dan Stock Aktof/ Pasif)
13. Laporan Pembelian
14. Laporan Penjualan
15. Laporan Kas – Bank
16. Laporan Biaya
17. Label BarCode untuk barang dan Customer
Tentunya dengan kelengkapan fitur yang disediakan membuat aplikasi ini memberi kemudahan bagi operator optik juga pelanggannya. Terutama bagi pelanggan karena mereka bisa langsung menerima konfirmasi langsung dari operator optik mengenai laporan optiknya.
Sumber :
http://adisi2000.indonetwork.co.id/1417096/adoptik-aplikasi-usaha-optik.htm
http://id.wikipedia.org/wiki/Rekayasa_optik

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: